Summit Event Legislative Nasional 2023 di Riau, dari seminar hingga tour ke Istana Siak

id Summit Event Legislative ,unri

Summit Event Legislative Nasional 2023 di Riau, dari seminar hingga tour ke Istana Siak

Para mahasiswa saat melakukan kunjungan ke Istana Siak Seri Indrapura. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Summit Event Legislative Nasional 2023 dengan rangkaian acara perlombaan nasional, seminar nasional dan sosialisasi 4 pilar MPR RI, serta kunjungan ke Istana Siak Sri Indrapuradiselenggarakan oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Universitas Riau pada 21-22 Oktober 2023.

Ketua DPM UNRI Wawan Rizwanda mengatakan Summit Event Legislative Nasional 2023, pertama kali dikonsepkan oleh DPM Universitas Riau Legislator Tirta Adhyaksa. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan akan mempererat silaturahmi antar-kampus yang ada di Indonesia, serta mahasiswa Universitas Riau itu sendiri.

Sementara perlombaan yang dilaksanakan di SEL Nasional 2023 antara lain lomba essai, orasi, LKTI, desain poster dan video pendek. Tema yang dipilih adalah tema yang berkaitan dengan legislatif.

Peserta yang mengikuti perlombaan berasal dari berbagai delegasi yaitu, Universitas Riau, Universitas Negeri Padang, Universitas Lampung, Universitas Negeri Malang, Universitas Mulawarman, Poltekkes Kemenkes Riau, Poltekkes Kemenkes Bandung, Universitas Merdeka Malang dan Universitas Jember.

Sementara pada seminar nasional dan sosialisasi 4 Pilar MPR RI mengangkat tema "Peran Legislator Muda Sebagai Generasi Emas Tahun 2045". Seminar itu diikuti 230 mahasiswa dari berbagai delegasi.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor UNRI Bidang Kemahasiswaan Hermandra mengatakan Indonesia akan menghadapi Pemilu 2024. "Jangan bercerai-berai, tapi harus Bhinneka Tunggal Ika sesuai semboyan kita," katanya.

Sosialisasi 4 Pilar MPR RI juga menghadirkan anggota DPR RI Marsiman Saragih yang menyebutkan empat pilar penopang Indonesia yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Pilar atau tiang yang menyangga bangunan kebangsaan kita agar tetap kokoh aman bagi semua warga bangsa," tegasnya.

Sementara anggota DPD RI asal Riau, Misharti menyebutkan pemilih di Riau berjumlah 4.732.174 jiwa pada Pemilu 2024 dengan 47 persen pemilih berasal dari kaum milenial dan generasi Z. "Artinya generasi muda lah yang akan menentukan pemimpin," sebutnya.

Sementara anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau Muhammad Aulia menginginkan banyak anak muda yang terjun ke dunia politik, dan menyadari perubahan yang ada.

"Jika kita tidak punya jabatan, maka kita cuma bisa ngomong saja tanpa action. Jadi, saya harapkan kepada anak muda agar tidak hanya mengkritik, tapi terjun langsung dalam legislatif," pungkasnya.

Kegiatan Summit Event Legislative Nasional 2023 ini memberikan banyak manfaat untuk para peserta, selain bisa membuka wawasan dan pengetahuan, kegiatan ini juga memberikan pemahaman kepada pemuda agar mau ambil peran dan berkontribusi bagi bangsa dan agama.

"Selagi menjadi seorang mahasiswa harus memberikan bermanfaatbagi negeri ini," ujar salah satu mahasiswa, Syolihin.