Kemarin, Panglima TNI minta maaf sampai Anies siap daftar

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Panglima TNI

Kemarin, Panglima TNI minta maaf sampai Anies siap daftar

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (tengah) bersama perwakilan delegasi militer ASEAN memberikan keterangan pers usai upacara pembukaan latihan gabungan bersama ASEAN Solidarity Exercise (Asex-01) Natuna 2023 di Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (19/9/2023). (ANTARA FOTO/Teguh Prihatna/aww.)

Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik kemarin (19/9) menjadi sorotan, di antaranya Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono meminta maaf atas pernyataannya yang menggunakan diksi “piting” sampai bakal calon presiden Anies Baswedan mengaku siap mendaftarkan diri maju Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada hari pertama periode pendaftaran dibuka oleh KPU.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

Yudo Margono minta maaf atas pernyataannya soal piting

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono meminta maaf atas pernyataannya terkait menjepit dengan kaki atau lengan (memiting) terhadap peserta unjuk rasa yang dia sampaikan saat memberi arahan kepada prajurit TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta.

Yudo menjelaskan diksi "piting" itu hanya sebuah perumpamaan agar para prajurit tidak menggunakan senjata untuk meredam massa yang ricuh.

Selengkapnya baca di sini.

Jokowi tekankan tidak ada pencekikan dalam rapat terbatas

Presiden Joko Widodo menekankan tidak ada peristiwa pencekikan yang dilakukan seorang menteri dalam rapat terbatas di Istana Presiden, layaknya isu yang beredar

"Setahu saya tidak ada peristiwa seperti itu. Masa nyekik," kata Presiden seraya tertawa di sela kegiatan meninjau Pasar Bali Mester Jatinegara, Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.

Prabowo segan memasukkan SBY dalam tim pemenangan

Bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto mengakui segan memasukkan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam tim pemenangannya menyongsong Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

"Yang benar aja, senior ah, ngarang aja," kata Prabowo kepada awak media di Grha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada (UGM), Sleman, Selasa (19/9) malam.

Selengkapnya baca di sini.

Anies mengaku siap mendaftar ke KPU pada hari pertama

Bakal calon presiden (bacapres) dari Partai NasDem Anies Baswedan mengaku siap mendaftar sebagai calon presiden (capres) bersama pendampingnya Muhaimin Iskandar pada Pilpres 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari pertama pendaftaran.

"Ya mudah-mudahan begitu (pendaftaran) dibuka, kita daftar," kata Anies Baswedan di Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.

Sekjen PPP: Bakal cawapres Ganjar mengerucut ke Sandiaga dan Mahfud

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arwani Thomafi mengatakan jika kandidat bakal calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo mengerucut menjadi dua nama yakni Sandiaga Uno dan Mahfud MD.

"Banyak yang bertanya kepada saya apakah nama-nama yang sudah pernah disebut termasuk oleh Mbak Puan (Puan Maharani), oleh Pak Sekjen PDIP (Hasto Kristiyanto) itu sudah mengerucut hanya ke dua nama, Pak Sandi sama Pak Mahfud," kata Arwani di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.