Ogah dipimpin Khairul Umam, 36 anggota DPRD Bengkalis "walk out" saat bimtek

id dprd bengkalis,ketua dprd bengkais,mosi tak percaya,walk out,khairul umam

Ogah dipimpin Khairul Umam, 36 anggota DPRD Bengkalis "walk out" saat bimtek

Anggota DPRD Bengkalis sempat walk out pada acara bimtek yang digelar di Pekanbaru karena tidak mau dipimpin oleh Keua DPRD Bengkalis Kahirul Umam, namun akhirnya disepakati bimtek tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua II Sofyan buntut dari mosi tak percaya 36 anggota DPRD Bengkalis terhadap dua pimpinan (ANTARA/dok)

Bengkalis (ANTARA) - Pelaksanaan Bimtek dan peningkatan kapasitas yang diikuti anggota DPRD Bengkalis di Pekanbaru, Kamis (14/9) sempat diundur beberapa saat karena peserta yang hadir memilih "walkout" dan ogah dipimpin oleh Kahirul Umam dalam acara tersebut.

Walk Out ini dilakukan buntut dari mosi tak percaya 36 anggota DPRD Bengkalis terhadap kepemimpinan Khairul Umam selaku ketua DPRD Bengkalis dan wakil ketua I Syahrial yang berkomitmen untuk tidak akan mengikuti rapat selagi dipimpin oleh dua orang tersebut.

Setelah dirembugkan, akhirnya wakil ketua DPRD Bengkalis Syofyan yang dipercaya memimpin pelaksanaan pembukaan bimtek itu. 36 anggota DPRD Bengkalis yang semula walk out, akhirnya masuk kembali dan pembukaan bimtek berjalan sesuai rencana.

"Kita hormati keputusan kawan-kawan. Ini bagian dari dinamika politik. Keputusan kawan-kawan ini bagian dari kesepakatan mosi tak percaya yang tak akan menghadiri rapat jika masih dipimpin Khairul Umam dan Syahrial, " jelas Sofyan.

Disampaikan Sofyan, keputusan yang diambil 36 anggota DPRD Bengkalis ini tak akan mengganggu sidang maupun agenda DPRD Bengkalis, karena intinya mereka hanya menolak dipimpin Khairul Umam dan Syahrial.

"Begitu Khairul Umum tak lagi memimpin acara, 36 kawan-kawan yang walk out masuk lagi dan bimtek berjalan lancar sampai selesai. Intinya kawan-kawan hanya tak mau dipimpin Khairul Umam dan Syahrial lagi, ' ujar Syoftan.

Senada Wakil Ketua Syaiful Ardi juga mengatakan bahwa mereka yang menandatangani mosi tak percaya komit terhadap kesepakatan tak menghadiri rapat jika masih di pimpin Khairul Umam dan Syahrial

" Apa yang terjadi hari ini sesuai kesepakatan. Bahwa kami tak akan menghadiri sidang ataupun rapat kalau dipimpin Khairul Umam dan Syahrial. Ini tak hanya berlaku di Bengkalis tapi juga di luar Bengkalis. Buktinya hari ini kawan-kawan meninggalkan bimtek karena dipimpin Khairul Umam," ujar Syaiful lagi.

Sementara itu sesuai mosi tak percaya diserahkan delapan perwakilan 7 Fraksi di DPRD Kabupaten Bengkalis ke Badan Kehormatan DPRD Bengkalis, Senin (28/8) lalu, 36 anggota DPRD Bengkalis yang menandatangani mosi tak percaya sepakat tidak akan mengikuti rapat paripurna selagi masih dipimpin Ketua DPRD Bengkalis Khairul Umam dan Syahrial selaku wakil ketua 1 DPRD Bengkalis. Kesepakatan sudah mereka tunjukkan saat paripurna di DPRD Bengkalis beberapa waktu lalu dan hari ini ditunjukkan lagi saat pembukaan bimtek di Pekanbaru.