Bupati Bengkalis prioritaskan pelayanan kependudukan dan catatan sipil

id pemkab bengkalis,bupati bengkalis,disdukcapil bengkais,kabupaten bengkalis

Bupati Bengkalis prioritaskan pelayanan kependudukan dan catatan sipil

Petugas dari Dinas Kependudukan dan catatan Ssipil Kabupaten Bengkalis melakukan pendataan kerumah penduduk dalam rangka mensukseskan program Bupati Bengkalis. (ANTARA/HO-Diskominfotik)

Bengkalis (ANTARA) - Bupati Bengkalis Kasmarni menegaskan, pelayanan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil menjadi agenda prioritas Pemerintah Kabupaten Bengkalis dan menjadi salah satu program unggulan.

"Target yang hendak dicapai adalah seluruh penduduk Kabupaten Bengkalis memiliki dokumen kependudukan secara lengkap, di manapun mereka berada, baik di kota maupun di pelosok pedesaan," kata Kasmarni, Selasa (15/8).

Selain itu Warga yang mampu datang ke tempat pelayanan biasa yang disediakan yakni kantor Disdukcapil, UPT Disdukcapil atau Kantor Desa/Kelurahan akan dilayani dengan baik dan dengan segala kemudahan serta gratis.

"Sementara bagi penduduk yang mengalami keterbatasan untuk dapat datang ke tempat-tempat tersebut maka petugas Pemkab Bengkalis yang akan mendatangi mereka, baik pada lokasi tertentu maupun sampai ke rumah-rumah warga," ujar Kasmarni.

Menindaklanjuti arahan Bupati Kasmarni tersebut, Kadisdukcapil Ismail menyampaikan, hari Senin, 14 Agustus 2023, petugas Disdukcapil pada sore hari di luar jam kerja biasa mendatangi rumah penduduk di desa Simpang Ayam Kecamatan Bengkalis.

Terdapat 2 rumah yang dikunjungi, 1 orang penduduk disabilitas dan 1 orang lagi penduduk yang kondisinya sakit terbaring di rumah.

Pelayanan ini dapat berlangsung dengan baik karena juga sangat didukung Kades Simpang Ayam Mujiono beserta perangkatnya yang langsung berkoordinasi dengan Kepala UPT Disdukcapil Bengkalis Masadi.

Dokumen kependudukan yang telah dapat dicetak dilokasi, seperti KK, KTP-el dan lainnya langsung diberikan kepada warga masyarakat yang bersangkutan.

Menurut Ismail, hal serupa juga dilaksanakan ditempat-tempat lainnya dalam Kabupaten Bengkalis. Petugas Disdukcapil sudah berkeliling dan akan terus berkeliling Jemput Bola memberikan pelayanan, pungkasnya. (infotorial)