Kiat sukses warung Pecel Lele INRdatangkan pelanggan di Dumai

id Apical, apical dumai, pecel lele dumai

Kiat sukses warung Pecel Lele INRdatangkan pelanggan di Dumai

Papan nama warung pecel lele INR. (ANTARA/Abdul Razak)

Dumai (ANTARA) - Warung makan INR di Kelurahan Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan kini menjadi salah satu lokasi kuliner favorit di daerah itu setelah dibina sejak menjadi mitra UMKM binaan salah satu perusahaan produsen minyak kelapa sawit terbesar di dunia, Apical Group yang berlokasi di Dumai - PT Sari Dumai Sejati.

Sudarno, pemilik warung makan INR, menjelaskan bahwa usaha kuliner dengan menu utama pecel lele ini baru didirikan sejak bulan Oktober 2022 lalu, dan langsung mendapat dukungan dari Apical Group.

Menu Pecel Lele yang disajikan oleh Warung Makan INR ini menjadi santapan favorit para pengunjung, terutama para pekerja pabrik yang beroperasi di Kawasan Industri Lubuk Gaung Dumai.

"Sebagian besar pengunjung kami adalah pekerja pabrik karena kebetulan kami berada di lingkungan kawasan industri. Sejak kami menjadi mitra UMKM binaan Apical, Alhamdulillah banyak orang yang datang," kata Sudarno, Kamis (13/7).

Sudarno menjelaskan bahwa usaha warung INR ini mendapat dukungan penuh dari Apical sejak awal berdiri. Mereka diberikan izin untuk memanfaatkan lahan dan bangunan kosong milik perusahaan serta menerima sejumlah bantuan material untuk meningkatkan penampilan kedai nasinya.

"Kami dibolehkan memanfaatkan lahan dan bangunan kosong milik perusahaan, ditambah lagi beberapa bantuan material seperti plafon dan pengecatan agar penampilan kedai nasi kami jadi bagus," ujar Sudarno.

Awalnya, warung makan INR dibuka karena adanya bangunan kosong milik Apical yang tidak termanfaatkan dan kebetulan berada di samping rumah Sudarno. Setelah mengajukan permintaan untuk memanfaatkan lahan dan bangunan tersebut ke Apical, mereka mendapat respon positif dan bantuan material bangunan untuk merubah tampilan kedai nasinya menjadi lebih menarik dengan cara mengganti semua plafon dan atap baru, serta mengecat dinding kedai nasi sesuai warna hijau identik perusahaan.

"Kami sangat bersyukur dibantu oleh Apical dan menjadi mitra UMKM binaan karena sangat berpengaruh sekali dalam penjualan dan banyak dikunjungi orang, terutama pada saat jam makan siang dan makan malam," ungkap Sudarno.

Selain membina Warung Makan INR, program CSR pemberdayaan masyarakat Apical Group di Dumai juga membina sejumlah UMKM mitra binaan, seperti Keripik Cabe Nurul Fatiha dan Rumah Pangkas Kita.