Pep Guardiola dan Alvarez catat rekor baru usai juara UCL

id Julian Alvarez,Pep Guardiola,Manchester City,UCL

Pep Guardiola dan Alvarez catat rekor baru usai juara UCL

Pelatih Manchester City Pep Guardiola mencium trofi usai menjuarai Liga Champions ​​​​​​​di Ataturk Olympic Stadium, Istanbul, Turki (11/6/2023). Manchester City berhasil mengalahkan Inter Milan pada laga final Liga Champions ​​​​​​​dengan skor 1-0 yang juga melengkapi treble winners​​​​​​​ tim berjulukan The Citizens tersebut. ANTARA FOTO/REUTERS/Molly Darlington/aww.

Jakarta (ANTARA) - Dua punggawa Manchester City yaitu pelatih Pep Guardiola dan sang penyerangJulian Alvarez mencatatkan rekor baru dalam sejarah setelah menjuarai UEFA Champions League (UCL) atau Liga Champions 2022/2023.

Manchester City baru saja mengangkat Si Kuping Besar untuk pertama kalinya dalam sejarah setelah menang 1-0 atasInter Milan pada laga final di Ataturk Olympic Stadium, Turki, Minggu WIB.

Trofi ini menjadi pelengkap treblewinners atau tiga trofi dalam semusim City setelah sebelumnya mengamankan dua trofi lainnya yaitu English Premier League (EPL) atau Liga Inggris dan FA Cup.

Baik PepmaupunAlvarez, setelah memenangkan UCL sama-sama mencatatkan namanya dalam sejarah.

Untuk Pep, treble winnerstersebut menjadi capaian keduanya selama berkarier sebagai pelatih.

Pelatih asal Spanyol itu menjadi pelatih pertama yang meraih treblewinners bersama dua klub berbeda yaitu Barcelonapada 2008/2009 (LaLiga, Copa del Rel, UCL) dan City pada 2022/2023 (EPL, FA Cup, UCL).

Trofi prestisius ini juga menjadi akhir yang manis bagi Pep setelah lama tak memenangkan UCL. Terakhir kali pelatih 52 tahun itu memenangkan Liga Champions adalah saat melatih Barcelona pada 2010/2011 setelah menang 3-1 melawan Manchester Unitedpada laga final.

Adapun trofi UCL ini menjadi trofi ketiga yang didapatkan Pep. Torehannya hanya kalah dari pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti dengan empat trofi (2002/2003, 2006/2007, 2013/2014, dan 2021/2022).

Sedangkan bagi Alvarez, pencapaian pada musim 2022/2023 sangatlah spesial. Squawka mencatat Alvarez sebagai pemain pertama yang mampu memenangkan Piala Dunia bersama negara dan treblewinners bersama klub pada musim yang sama. Mantan pemain River Plate itu tampil sebanyak 49 kali bersama City dan mencatatkan 17 gol dan lima assists.

Bersama negaranya, Alvarez menjadi bagian penting Argentina dalam merengkuh trofi Piala Dunia 2022 Qatar. Dari total tujuh pertandingan sampai final, pemain 23 tahun itu tampil pada setiap laga dan menorehkan empat gol dan satu assists.

Squawka juga mencatat, pemain berjuluk La Arana itu juga menjadi pemain paling muda yang memenangkan Piala Dunia, Liga Inggris, dan Liga Champions pada musim yang sama, mengalahkan rekor Gerrard Pique 29 hari lebih cepat.