KPU Kampar junjung tinggi azas transparansi

id Hkin,Kpu kampar, pemilu 2024

KPU Kampar junjung tinggi azas transparansi

Ketua KPU Kampar Maria Aribeni foto bersama di Labersa Hotel. (ANTARA/dok)

Kampar (ANTARA) - Ketua KPU Kabupaten Kampar Maria Aribeni berkomitmen menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dan transparansi dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

"KPU Kabupaten Kampar akan berupaya menjunjung tinggi asas transparansi dalam penyelenggaraan Pemilu. Sejalan dengan apa yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum," kata Aribeni saat menghadiri acara Peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN), Rabu (17/5).

Ia katakan itu sudah merupakan tugas KPU dalam menyampaikan perkembangan informasi kepemiluan kepada publik secara transparan dan terbuka sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Bentuk implementasi dari asas transparansi adalah terbuka dalam memberikan dokumen/data penyelenggaraan pemilu sepanjang masuk kategori yang tidak dikecualikan. Selain itu juga membuka akses proses penyelenggara pemilu kepada masyarakat, agar pemilu maupun hasil pemilu kemudian mendapat legitimasi dari masyarakat.

"Ini merupakan bentuk komitmen KPU dalam menjaga keterbukaan informasi kepada masyarakat, bukti itu pernah diraih pada 2022, KPU Kampar menerima penghargaan sebagai Terbaik 1 dalam Pelaksanaan Pelayanan dan Pelaporan PPID Tingkat KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau Tahun 2022," terangnya.

Dia menyebutkan dengan momen Peringatan HAKIN tahun ini yang mengusung tema Meneguhkan Peran Komisi Informasi Dalam Mengawal Pemilu 2024 yang Terbuka, Inklusif dan Informatif akan menjadi motivasi tersendiri bagi petugas penyelenggara pemilu.

Dalam acara HAKIN tingkat nasional di Kabupaten Kampar ini dihadiri oleh Menkopolhukam, Mahfud MD, Ketua Komisi Informasi Pusat RI, Donny Yoegiantoro, Plh. Gubernur Provinsi Riau, Edy Natar Nasution, Bupati/Walikota se- Riau, dan Forkopimda se- Riau, KPU dan Bawaslu se-Riau.