PT Sari Dumai Oleo didemo warga, ini reaksi perusahaan

id PT SDO

PT Sari Dumai Oleo didemo warga, ini reaksi perusahaan

Kabag Ops Polres Dumai Kompol Y Basri memimpin pengawalan aksi dama masyarakat Lubuk Gaung di PT SDO.

Dumai (ANTARA) - PT Sari Dumai Oleo di Kelurahan Lubuk Gaung Kecamatan Sungai 9 Kota Dumai didatangi puluhan masyarakat setempat untuk berunjukrasadi depan pintu gerbang perusahaan menyampaikan sejumlah tuntutan, Kamis.

Aksi massa atas nama Forum Masyarakat Lubuk Gaung dan Malaya Research and Development ini awalnya berorasi di badan jalan, dan kemudian bergeser ke pintu gerbang perusahaan, lalu setelah ditemui oleh Humas SDO Agung Winoto akhirnya dilakukan mediasi di Kantor Lurah Lubuk Gaung.

Dalam orasi, massa meminta perusahaan untuk memperhatikan lingkungan sekitar yang terdampak dari pembangunan pabrik dengan melaksanakan segala bentuk kegiatan untuk pelestarian lingkungan.

Kemudian, perusahaan Apical Group ini agar membangun infrastruktur pendukung di sekitar operasi pabrik, aspirasi selanjutnya diminta SDO aktif memberdayakan masyarakat serta pemenuhan pelayanan dasar kepada warga seperti kesehatan dan pendidikan.

Humas PT SDO Agung Winoto di hadapan masyarakat mengatakan seluruh aspirasi dan tuntutan massa akan diserap dan dibicarakan dengan manajemen.

Terkait pelestarian lingkungan, perusahaan sudah beberapa kali melaksanakan bakti sosial gotong royong dan penghijauan dengan masyarakat sekitar.

Sedangkan terkait infrastruktur, Agung menjawab setiap rencana pembangunan selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan untuk meningkatkan fasilitas jalan, jembatan dan lain sebagainya di sekitar Kelurahan Lubuk Gaung.

"Kami serap dulu aspirasi bapak ibu untuk dibahas bersama manajemen. Kami juga mohon dukungan warga untuk kelancaran operasional perusahaan," kata Agung.

Camat Sungai Sembilan Hergustiman meminta warga untuk bersabar menunggu keputusan perusahaan terhadap sejumlah pernyataan sikap dan tetap meningkatkan rasa kebersamaan dalam menjaga situasi tenang dan nyaman.

"Aspirasi warga sudah ditampung perusahaan, mari kita bersabar menunggu jawaban," kata Camat Hergustiman.

Aksi massa yang berakhir hingga pukul 12.00 WIB siang tadi berjalan dengan kondusif, dan mendapat pengawalan aparat hukum dari Polres Dumai dipimpin Kabag Ops Kompol Y Basri didampingi Kasat Intelkam AKP S Sijabat dan Kapolsek Sungai Sembilan AKP B Purba serta Danramil Sungai Sembilan Kapten (Arh) H Sitorus.