1.000 pohon hasil program sedekah jelantah ditanam di Dumai

id Pertamina, Dumai, pohon, jelantah

1.000 pohon hasil program sedekah jelantah ditanam di Dumai

Jajaran PT KPI RU II Dumai bersama Camat Medang Kampai melakukan penanaman 1.000 pohon realisasi program sedekah jelantah. (ANTARA/HO-PT KPI RU II Dumai)

Dumai (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai menggelar kegiatan penanaman 1.000 bibit pohon Tabebuya dan Meranti sebagai hasil dari program sedekah minyak jelantah pada tahun 2022.

Program sedekah jelantah tujuannya agar membiasakan masyarakat untuk mengumpulkan limbah jelantah yang dihasilkan dari kegiatan domestik. Setiap satu kilogram jelantah kemudian dapat ditukarkan untuk satu bibit Pohon Tabebuya.

Area Manager Communication, Relations, dan CSR RU II, Nurhidayanto di Dumai, Jumat, berharap partisipasi masyarakat dapat terus meningkat setiap tahunnya. Tidak hanya dalam mengumpulkan minyak jelantah, namun juga partisipasi dalam kegiatan aksi penanaman pohon di sepanjang jalan.

“Selain menambah estetika dan keindahan jalan, penanaman bibit pohon ini juga bertujuan untuk meningkatkan serapan karbon guna mengatasi perubahan iklim global,” kata Nurhidayanto.

Sedekah jelantah lanjutnya sangat bermanfaat daripada membuangnya karena dapat menyebabkan pencemaran dan menurunkan kualitas lingkungan. Selain berkontribusi dalam upaya penghijauan Kota Dumai, masyarakat juga mendapatkan hadiah per satu kilogram jelantah yang disalurkan.

"Kami berharap program sedekah jelantah dapat membiasakan masyarakat untuk mengelola minyak jelantah, yang nantinya akan sangat mendukung inisiasi green refinerymelalui produk-produk ramah lingkungan seperti biodisel. Sehingga, program tersebut dapat menciptakan nilai tambah baik bagi perusahaan, masyarakat, maupun lingkungan,” tambahnya.

Dalam aksi tanam pohon tersebut, PT KPI RU Dumai mengundang puluhan masyarakat untuk terlibat. Mulai dari Lurah, LPMK, Karang Taruna dan sebagian masyarakat yang tinggal di sekitar bahu jalan, hingga Lurah se-Kecamatan Medang Kampai.

Camat Medang Kampai, Indra Gunawan manyambut inisiatif RU II Dumai bersyukur perusahaan telah berkontribusi dalam mendukung program walikota. Yaitu Dumai Berkhidmat untuk mewujudkan Dumai sebagai Kota IDAMAN (Indah, damai dan nyaman), khususnya di bidang lingkungan melalui program penghijauan.