Lapas Kelas II A Pekanbaru sembelih 16 hewan kurban

id Kanwil Kemenag Riau,Idul adha

Lapas Kelas II A Pekanbaru sembelih 16 hewan kurban

Warga Binaan Lapas Kelas IIA Pekanbaru yang menjadi panitia sembelih hewan kurban, Minggu (10/7). (ANTARA/HO-Kanwil Kemenkumham Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Warga Binaan Lapas Kelas II A Pekanbaru, Ahad, menyembelih delapan kerbau, enam sapi, dan dua kambing yang dalam merayakan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah di dalam lembaga pemasyarakatan itu.

Hewan kurban selain berasal dari warga binaan permasyarakatan dan petugas lapas, juga bantuan dari Pemerintah Provinsi Riau serta Koperasi Pegawai setempat.

"Salut saya dengan WBP Lapas Kelas II A Pekanbaru, banyak yang ikut berkurban. Semoga istiqomahdan semakin banyak lagi WBP yang mau berbagi dengan sesamanya," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Riau, Mulyadi.

Mulyadi yang sebelumnya bertugas sebagai Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham NTT ini turut menyaksikan penyembelihan hewan kurban di lingkungan Lapas.

Sebelumnya masih di dalam Lapas Kelas IIA Pekanbaru, pukul 07.15 WIB Minggu (10/7) pagi, KepalaMulyadi bersama warga binaan muslim dan petugas lapas melakukan shalat Idul Adha berjamaah.

Sebelum penyelenggaraan sholat Idul Adha, Kadivpas telah tiba untuk memastikan kesiapan pengamanan petugas lapas dalam kegiatan ini.

Ustadz Maghfiroh yang didaulat sebagai khatib dan imam sholat terlebih dahulu menyampaikan tatacara sholat Id, dan selesai sholat dilanjutkan dengan khutbah Idul Adha.

"Semua manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Orang yang bersalah masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki diri dan insyaAllah, Allah SWT akan mengampuni hambanya yang benar-benar bertaubat," katanya.

Penceramah mengisahkan sahabat Rasulullah yang awalnya adalah orang jahat dan menjadi musuh terbesar nabi namun di akhir perjalanan hidupnya, dengan hidayah dan ampunan dari Allah SWT, orang jahat tersebut bisa menjadi kekasih dan sahabat rasul.

Kadiv Pemasyarakatan juga mengajak seluruh jamaah untuk selalu bersyukur atas nikmat dan rahmat dari sang Maha Kuasa, termasuk masih diberikan kesehatan dalam merayakan Idul Adha tahun 2022.

"Ada nilai-nilai tauhid saat kita memperingati Hari Raya Kurban ini. Bagaimana kita meningkatkan ketakwaan keikhlasan kepada Allah SWT serta kepedulian kita untuk berbagi kebahagiaan kepada sesama," katanya.

Ia mengatakan "habluminallah" dan "habluminannas" yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan sebagai muslim yang baik. Selain itu, ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia Idul Adha dan warga binaan yang turut menjaga keamanan dan ketertiban lapas selama ini.

"Hari Senin besok, kunjungan tatap muka bagi WBP akan dibuka di seluruh lapas/rutan di Riau. Mohon kita sama-sama jaga agar berjalan baik, aman dan kondusif. Ikuti aturan yang telah ditetapkan," katanya.