Liverpool tempel ketat Manchester City usai tekuk Everton 2-0

id Liverpool,Everton,Liga Inggris,derby Marseyside

Liverpool tempel ketat Manchester City usai tekuk Everton 2-0

Selebrasi Andrew Robertson usai mencetak gol untuk Liverpool dalam pertandingan Liga Inggris lawan Everton pada 24 April 2022. ANTARA/REUTERS/PHIL NOBLE

Jakarta (ANTARA) - The Reds Liverpool berhasil mengalahkan rival sekotanya Everton dengan skor 2-0 dalam laga Liga Inggris pekan ke-34 bertajuk Derby Merseyside di Anfield, Minggu malam WIB.

The Reds memecah kebuntuan melalui gol Andy Robertson sebelum Divock Origi mencetak gol tambahan.

Berkat hasil itu, Liverpool tetap berada di posisi kedua klasemen dengan 79 poin dan terpaut satu poin dari pemuncak klasemen, Manchester City. Sementara itu, Everton kini turun ke peringkat 18 dan berada di zona degradasi.

Liverpool kesulitan membangun permainannya dan Everton bermain disiplin untuk mempersempit ruang gerak pemain lawan.

Tuan rumah baru mampu menciptakan peluang pada menit ke-21 ketika Sadio Mane mendapatkan bola di depan kotak penalti dan di luar kendali Allan, namun tendangannya masih melayang tipis di atas mistar gawang Jordan Pickford.

Pada menit ke-32, Liverpool kembali mengancam gawang Everton. Jota tampil di tiang dekat menyambut umpan silang Andrew Robertson meski tembakannya masih menyamping.

Everton berpeluang menyerang pertahanan Liverpool saat Richarlison merebut bola dari Thiago Alcantara sebelum mengopernya ke Abdoulaye Doucoure yang berlari ke kotak penalti dan mencoba melepaskan tembakan, namun masih melebar.

Mohamed Salah mencoba menembak dari kotak penalti setelah memainkan operan 1-2 dengan Naby Keita pada menit ke-42. Namun, tembakan penyerang Mesir itu masih melayang di atas mistar gawang. Tidak ada gol yang tercipta hingga babak pertama berakhir.

Usai turun minum, Liverpool memasukkan Luis Diaz dan Divock Origi pada menit ke-60 untuk menambah daya serang. Hasilnya terlihat dua menit kemudian ketika Liverpool akhirnya memecah kebuntuan melalui Andrew Robertson.

Origi dan Salah memainkan operan 1-2 di sisi kanan kotak penalti sebelum diakhiri dengan umpan silang ke tiang jauh, yang disundul Robertson untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Intensitas serangan Liverpool meningkat di 10 menit terakhir. Pada menit ke-84, Thiago mendapat tembakan di depan kotak penalti, namun tendangannya membentur bek lawan dan dibelokkan oleh Pickford.

Liverpool mengunci kemenangan dengan mencetak gol kedua pada menit ke-85 melalui tendangan voli Luis Diaz yang sukses disundul Origi ke gawang Pickford.

Daftar Pemain

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Thiago Alcantara, Fabinho, Naby Keita (Luis Diaz 60'); Mohamed Salah, Diogo Jota (Jordan Henderson 82'), Sadio Mane (Divock Origi 60').

Everton (4-3-3): Jordan Pickford; Seamus Coleman, Mason Holgate, Michael Keane, Vitalii Mykolenko; Abdoulaye Doucoure, Allan (Dele Alli 73'), Alex Iwobi; Anthony Gordon, Richarlison, Demarai Gray (Salomon Rondon 78').