Timnas Indonesia Dikalahkan Arab Saudi 1-2

id timnas indonesia, dikalahkan arab, saudi 1-2

Timnas Indonesia Dikalahkan Arab Saudi 1-2

Jakarta, (antarariau.com) - Tim nasional Indonesia dikalahkan Arab Saudi 1-2 pada pertandingan lanjutan Pra Piala Asia 2015 Grup C di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu.

Dengan kekalahan ini, Timnas Garuda yang saat ini dilatih oleh Rahmad Darmawan harus terpuruk di dasar klasemen Grup C dengan nol poin. Pada pertandingan pertama timnas menyerah dari Irak 0-1. Sedang Arab Saudi kokoh di puncak klasemen dengan enam poin.

Bermain dengan kostum kebesaran Merah Putih Merah dan mendapatkan dukungan penuh dari ribuan suporter, Timnas Garuda langsung memberikan tekanan pada pertahanan Arab Saudi yang dimotori oleh Kamil Saddiq E Almousa.

Hasilnya pada menit empat Boas Solossa mampu menjebol gawang Arab Saudi. Gol ini tercipta berawal dari umpan panjang dari Kurnia Meiga. Umpan itu tidak mampu dihalau oleh barisan pertahanan Arab dan Boaz dengan satu sentuhan mampu memperdayai kiper Waleed Abdullah.

Gol yang dibuat oleh pemain Persipura Jayapura ini membuat seisi stadion bergemuruh. Dukungan dari ribuan penonton membuat semangat anak asuh Rahmad Darmawan itu. Terbukti serangan demi serangan terus dilakukan langsung kepertahanan lawan.

Terus memberikan tekanan ternyata membuat pertahanan Timnas Garuda lengah. Terbukti lewat kombinasi serangan yang cantik akhirnya anak asuh Juan Roman Lopez Caro ini mampu menyamakan kedudukan pada menit 13 lewat Yousef Mansour.

Kedudukan sama kuat membuat kedua tim bermain dengan cantik. Arab yang memiliki postur lebih tinggi berusaha menggunakan umpan-umpan panjang. Beruntung Kurnia Meiga bermain cukup cemerlang.

Meski terus mendapatkan tekanan bukan berarti Timnas Garuda tidak mendapatkan peluang. Salah satu peluang manis didapat Sergio van Dijk menit 29. Namun arah sundulannya masih terbaca kiper Arab Saudi.

Memasuki 15 menit menjelang babak pertama usai kedua tim mulai menjual beli serangan. Tempo permainanpun meningkat karena wasit harus mengeluarkan kartu kuning pada salah satu pemain Arab Saudi. Hanya saja hingga babak pertama usai tidak ada penambahan gol lagi.

Memasuki babak kedua tim yang sudah merasakan turun di putaran final Piala Dunia ini langsung menggebrak pertahanan Timnas Garuda yang dimotori Hamka Hamzah. Beberapa peluang menggandakanpun langsung tercipta.

Begitu juga anak asuh Rahmad Darmawan. Berbagai usaha untuk menggandakan gol juga dilakukan. Tapi apalah daya, justru tim lawan yang terlebih dahulu melalui sudulan Yousef Mansour menit 55 sehingga Arab Saudi unggul 2-1 atas Indonesia.

Unggul 2-1 tidak membuat Arab Saudi menurunkan tekanan. Justru tim asal Timur Tengah ini gencar melakukan serangan salah satunya lewat tendangan jarak jauh Taisser Jabir. Untung saja tendangan kerasnya masih melenceng di sisi kiri gawang Kurnia Meiga.

Guna menambah daya gedor pelatih Rahmad Darmawan akhirnya menarik Ian Louis Kabes dan digantikan Greg Nwokolo. Masuknya pemain naturalisasi ini membuat pola serangan lebih banyak. Hanya saja hingga menit 70 tim tuan rumah belum mampu menyamakan kedudukan.

Meski tertinggal ribuan suporter tuan rumah terus memberikan dukungan pada Boaz Solossa dan kawan-kawan. Dampaknya Sergio van Dijk hampir saja menyamakan kedudukan. Hanya saja bola sundulan pemain Persib Bandung itu melaju tipis di atas mistar gawang Arab Saudi.

Susunan pemain Indonesia : Kurnia Meiga (pg), Supardi, Victor Igbonefo, Hamka Hamzah, Zulifly Syukur, Immanuel Wanggai, Ponaryo Astaman/Ahmad Bustomi, Boaz Solossa (c), Ian Louis Kabes/Greg Nwokolo, M.Ridwan/Irfan Bachdim/KK dan Sergio van Dijk.

Adapun pemain Arab Saudi : Waleed Abdullah N Ali (pg), Kamil Saddiq E Almousa, Yousef Mansour E Alsalem/Naif Ahmed, Yahia Sulaiman/Ahmed Hassan M Asiri, Fhad Mosaed M Almuwallad, Sultan Khalaf, Mansour Ateeq S Alharbi, Nawaf Shaker F Alabid/Salem Mohammed, Osama Abdulrzag M Hawsawi, Saud Ali M Kariri (c)/KK dan Taiseer Jabir Aljassam.