Mantan bos ANTARA raih anugerah alumni IPB

id Alumni IPB, Naufal Mahfudz, penghargaan

Mantan bos ANTARA raih anugerah alumni IPB

Direktur Bogor Life and Science Technology (BLST) yang juga mantan Direktur SDM dan Umum Perum LKBN ANTARA Naufal Mahfudz meraih Anugerah Alumni IPB 2021 kategori Alumni Profesional BUMN/BUMD/Swasta/Koperasi di Kota Bogor, Jumat (17/12/2021) (ANTARA/HO/Koleksi Pribadi)

Bogor (ANTARA) - Direktur Bogor Life and Science Technology (BLST) yang juga mantan Direktur SDM dan Umum Perum LKBN ANTARA Naufal Mahfudz meraih Anugerah Alumni IPB 2021 kategori Alumni Profesional BUMN/BUMD/Swasta/Koperasi.

Dalam keterangan yang diterima ANTARA di Kota Bogor, Ahad, penghargaan tersebut langsung diterima Naufal bersama 12 alumni IPB lain, pada Jumat (17/12) di IPB Convention Center, Kota Bogor.

Ketua Umum Himpunan Alumni IPB 2017-2021 Fathan Kamil menyatakan program Anugerah Alumni IPB 2021 dilaksanakan sebagai bentuk dukungan dan penghargaan terhadap alumni yang memiliki keunggulan, peran, kontribusi, dan dedikasi pada bidang masing-masing.

Melalui penghargaan ini, diharapkan mampu mendorong para alumni agar terus berkarya untuk kemajuan bangsa melalui nilai integritas, inovasi, dan inspirasi.

Disebutkan bahwa kemampuan Naufal sebagai praktisi manajemen dan pengembangan sumber daya manusia tidak diragukan lagi.

Lebih kurang 30 tahun dia bekerja pada bidang manajemen dan pengembangan SDM di perusahaan swasta nasional, perusahaan multinasional dan BUMN.

Setelah lulus S1 di IPB tahun 1992, Naufal memulai karir sebagai motivator petani tambak di sebuah perusahaan konsultan.

Setelah itu, ia bekerja sebagai Deputy Project Manager di sebuah perusahaan Jepang bidang penangkapan ikan dan udang. Kenudian, ia menyelesaikan studi Magister Manajemen di Sekolah Tinggi Manajemen PPM, Naufal berkarir di BUMN bidang jasa konstruksi, PT Wijaya Karya (Persero) selama 13 tahun.

Lalu pada Mei 2007, ia bekerja di sebuah perusahaan multinasional, PT Sony Indonesia.

Setelah itu, pria ini "dipanggil negara", dipercaya oleh Menteri BUMN sebagai Direktur SDM dan Umum di Perum LKBN ANTARA hingga Januari 2016.

Selanjutnya, sejak Februari 2016 dia dipercaya dan dilantik oleh Presiden RI sebagai salah satu Direktur di BPJS Ketenagakerjaan.

Pada akhirnya, sejak beberapa bulan lalu, Naufal bertugas sebagai Direktur Bogor Life and Science Technology (BLST), holding company IPB.

Naufal juga mencatatkan sejumlah penghargaan atas dirinya di tingkat nasional dan internasional, antara lain HRD Winner 47th ARTDO International Conference, Malaysia (2020) dan The 501 Most Fabulous Global HR Leaders, World HRD Congress, Mumbai, India (2020), serta Chief of Human Resource Officer (CHRO), 10th Asia Best Employer Brand Awards, Singapura (2019).

Selain kepada Naufal, Anugerah Alumni Profesional BUMN/BUMD/Koperasi/Swasta diberikan kepada Deddy Fachruddin Kurniawan. Anugerah Alumni Akademisi/Peneliti diberikan kepada Irwandi Jaswir dan Arief Boediono. Rohidin Mersyah, Gubernur Bengkulu, dinyatakan sebagai penerima Anugerah Alumni Birokrat.

Anugerah Alumni Penggerak Lingkungan, Sosial, dan Kemanusiaan diberikan kepada Nani Zulminarni dan Diah Widuretno. Frida Nursanti dan I Made Donny Waspada dinyatakan sebagai penerima anugerah pada kategori pengusaha.

Purwo Hadi Subroto dan Saein menerima anugerah kategori petani pejuang. Budi Susilo Setiawan yang menjadi penggerak kaum muda didaulat sebagai penerima Anugerah Young Leader Alumni.

Anugerah Lifetime Achievement yang merupakan anugerah tertinggi dalam rangkaian Anugerah Alumni IPB 2021 diberikan kepada (Alm) Andi Hakim Nasution.

Kategori ini sebagai bentuk penghormatan atas pengabdian sosok alumni yang telah membuat kontribusi dalam pengembangan dunia pertanian, dengan menunjukkan kiprah yang agung dan layak untuk dicatat sebagai tonggak sejarah.

Selain itu, DPP HA IPB juga memberikan apresiasi kepada mitra yang telah memberikan dukungan dan kerja sama baiknya dalam pencapain visi dan misi Himpunan Alumni IPB.

Anugerah Mitra HA-IPB diberikan kepada PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Syariah Indonesia, dan Direktorat Jendral Mineral Dan Batubara Kementerian Energi Dan Sumberdaya Mineral.