Usai Family Gathering, 37 pegawai pajak Duri positif COVID-19

id pemkab bengkalis,Pegawai pajak duri, pajak duri

Usai Family Gathering, 37 pegawai pajak Duri positif COVID-19

Kadiskes Bengkalis Ersan Saputra. (ANTARA/dok)

Bengkalis (ANTARA) - Kasus COVID-19 sebelumnya dinyatakan nol dalam dua minggu belakang ini kembali melonjak di Kabupaten Bengkalis. Dampaknya, 37 pegawai pajak di Kota Duri Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, dinyatakan positif terjangkit virus corona itu.

"Ada salah satu pegawai pajak ini pulang ke Bandung. Sehabis itu, ada acara family fathering di Pekanbaru. Awalnya tiga orang yang mengalami gejala. Selanjutnya empat orang. Lantas kita lakukan tes PCR keseluruhan hingga akhirnya 37 orang dinyatakan positif COVID-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis dr. Ersan Saputra di Bengkalis, Selasa.

Saat ini, Kantor Pajak Pratama di Duri, telah dilakukan pembatasan (lockdown) selama tujuh hari ke depan, hanya pelayanan daring saja yang bisa dilakukan kepada masyarakat. "Tadi saya sudah koordinasi dengan Pak Kanwil Pajak terkait hal ini," ujar Ersan.

Menurut mantan Direktur RSUD Mandau ini, kasus ini merupakan kasus impor dari luar Kabupaten Bengkalis dan tidak terjadi penyebaran di tingkat lokal.

"Ini bukan dari penyebaran lokal. Tapi kasus impor yang berasal dari luar Duri. Kita sudah melakukan pendataan dan penelusuran untuk kontak erat. Pihak kita juga menunggu hasil selanjutnya," ujarnya.

Hasil ini berawal dari tujuh pegawai pajak Duri juga sudah diisolasi di RSUD Mandau karena reaktif COVID-19, dan selanjutnya dilakukan tes PCR ke seluruh pegawai pajak yang berjumlah 96 orang.

"Hasilnya keluar tadi dan dinyatakan 30 orang positif. Kita juga menunggu hasil selanjutnya," sebutnya.

Dikatakan, dr. Ersan, untuk 36 orang pegawai Pajak Pratama Duri saat ini telah dibawa ke ruang isolasi terpadu di Asrama Haji Pekanbaru.

"Tadi dibawa ke Pekanbaru 36 orang. Satu orang dirawat di RSUD Mandau. Kita juga dibantu pihak Dinas Kesehatan Provinsi Riau," jelasnya.

Ersan juga mengimbau, sesuai instruksi Bupati Bengkalis bahwa masyarakat untuk tidak abai terhadap protokol kesehatan, tetap menggunakan masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta mencuci tangan dalam berkegiatan sehari-hari.

"Juga tadi ada arahan dari Kapolda Riau untuk segera melakukan pelacakan kasus secepat-cepatnya, setepat-tepatnya sesuai prosedur kesehatan," tutup Ersan.