Tembakan Salvo iringi pemakaman Prajurit korban teroris MIT di Pekanbaru

id prajurit korban teroris ,kelompok mujahidin indonesia timur,taman makam bahagia pekanbaru,kopda anumerta dedi irawan

Tembakan Salvo iringi pemakaman Prajurit korban teroris MIT di Pekanbaru

Sejumlah prajurit melakukan tembakan salvo saat pemakaman jenazah Kopda Anumerta Dedi Irawan di Taman Makam Bahagia, Kota Pekanbaru, Riau, Selasa (2-3-2021). ANTARA/F.B. Anggoro

Pekanbaru (ANTARA) - Puluhan prajurit TNI dan Polri melangsungkan upacara militer untuk memakamkan jenazah Kopda Anumerta Dedi Irawan di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, pada Selasa petang. Almarhum wafat karena menjadi korban kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso.

Upacara pemakaman yang dipimpin oleh Komandan Kodim Pekanbaru Kolonel Inf. Edi Budimandihadiri oleh pihak keluarga, Komandan Korem 031 WB Brigjen TNI M. Syach Ismed, dan Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Provinsi Riau Masrul Kasmy.

Jenazah almarhum tiba di Taman Makam Bahagia Kota Pekanbaru pada pukul 18.00 WIB, kemudian ditempatkan di peti berselimutkan Bendara Indonesia. Tembakan salvo dari prajurit TNI mengiringi pemakamanKopda Anumerta Dedi Irawan ke tempat peristirahatan terakhirnya.

Keluarga almarhum terlihat menangis penuh kesedihan sambil memeluk dan mencium foto almarhum saat pemakaman.

Baca juga: Ada bom di badan dua DPO yang dilumpuhkan

Danrem 031/WB Brigjen TNI M. Syech Ismedmengatakan bahwa almarhum Dedy Irawan mendapat kenaikan pangkat dari praka menjadi kopda anumerta sebagai penghormatan atas jasanya dalam bertugas sebagai prajurit TNI.

Menurut dia, almarhum terdaftar di kesatuan Koopsus TNI dan selama ini dikenal sebagai prajurit yang baik.

"Kami menyampaikan dukacita yang mendalam kepada keluarga Dedy," katanya.

Sebelumnya, Dedy Irawanwafat dalam baku tembak dengan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) saat bertugas di wilayah Pegunungan Andole, Kecamatan Poso Pesisir Utara, Sulawesi Tenggara, Senin (1/3).

Jenazah langsung diberangkatkan dari Poso ke Jakarta, kemudian dibawa ke Pekanbaru untuk dimakamkan di Taman Makam Bahagia.

Baca juga: Densus 88 berhasil menangkap 32 teroris MIT sepanjang 2020

Baca juga: Polisi menduga pelaku kekerasan di Sigi adalah kelompok MIT Poso

Baca juga: Peneliti MIT Dan Google Pamer Algoritma Editing Foto Seperti Profesional