DPRD Aceh Utara Belajar Kelola Migas

id dprd aceh, utara belajar, kelola migas

Siak, (antarariau) - Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Aceh utara, Nangroe Aceh Darussalam (NAD), melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Siak, Riau, untuk belajar pengelolaan minyak dan gas.

"Kita semuanya tahu kalau Kabupaten Aceh utara juga menghasilkan minyak dan gas, tidak berbeda jauh dengan kabupaten Siak, namun dalam pengelolaan hasil Migas itu Siak lebih paham, untuk itu kita dari komisi D melakukan kunjungan kerja untuk belajar banyak dari Pemkab Siak," kata Ketua Komisi D DPRD Aceh utara Ridwan Muhammad Yunus kepada antarariau.com di Siak, Selasa.

Ia mengatakan, saat ini Kabupaten Siak merupakan satu - satunya daerah yang jadi percontohan dalam pengelolaan Migas, karena Kabupaten Siak sendiri memiliki Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yakni PT. Bumi Siak Pusako (BSP) yang bekerjasama dengan pihak Pertamina Hulu untuk mengelola hasil

alam tersebut.

"Ini yang mesti kita contoh, karena Siak mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan asing dalam mengelola hasil alamnya, hasilnya kita lihat sendiri kepada pembangunan disini (Siak red), seharusnya daerah lain juga mampu seperti ini," kata Anggota DPRD Aceh utara tersebut.

Menurut dia, kesamaan Kabupaten Aceh utara dengan siak sangat banyak, selain sama-sama menghasilkan migas, kedua daerah ini juga memiliki keterkaitan sejak zaman kerajaan Sultan Syarif Kasim dulu yang merupakan raja dari kerajaan Siak yang berjuang hingga ke Aceh utara.

"Yang jelas kita banyak kesamaan, dan dengan kesamaan kita ini nantinya harus kita perkuat jalinan persaudaraan antar kedua Pemkab," terangnya.

Selain itu ketua Komisi D DPRD Aceh utara tersebut juga memuji pembangunan Kabupaten Siak yang sangat pesat serta cepatnya pembangunan Insfrastruktur jalan dan jembatan serta bangunan-bangunan pemerintahan di negeri istana tersebut.

"Kemajuan ini semua karena peran Pemkab Siak sendiri dalam mengelola hasil sumber daya alamnya, dan itulah sebabnya kita belajar disini agar Aceh utara juga bisa meju seperti ini," kata Ridwan.

Sementara itu Bupati Siak Syamsuar, menyambut baik kedatangan anggota komisi D DPRD Aceh utara tersebut, Ia juga berharap dengan adanya kunjungan kerja DPRD tersebut bisa menambah wawasan dan bertukar pikiran dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Siak.

"Dengan adanya Kunjungan kerja mereka ke Siak ini, mudah-mudahan bisa menambah wawasan juga buat kita masyarakat disini," kata Syamsuar.