Sebanyak 28 kali Karhutla terjadi di Pekanbaru hingga Maret

id Karhutla,karhutla riau,bpbd pekanbaru,berita riau antara,berita riau terbaru

Sebanyak 28 kali Karhutla terjadi di Pekanbaru hingga Maret

Petugas gabungan dari Polri, TNI, BPBD dan Masyarakat Peduli Api (MPA) Kota Pekanbaru berusaha memadamkan bara api yang membakar lahan gambut di Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru, Riau, Senin (2/3/2020). Pemerintah Provinsi Riau melalui Satgas Karhutla Riau terus melakukan pemadaman kebakaran lahan agar bencana kabut asap tidak terulang kembali. ANTARA FOTO/Rony Muharrman/aww.

Pekanbaru (ANTARA) - Data Badan Penanggulangan Becana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru melaporkan sebanyak 28 kali kejadian Kebakaran Hutan dan Lahan (Kahutla) di Kota Pekanbaru sejak awal tahun 2020 ini.

"Dari 28 kejadian itu ada seluas 61, 32 hektare hutan dan lahan yang hangus," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Becana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, Zarman Chandra, kepada Antara di Pekanbaru, Senin.

Zarman mengatakan dari total 28 kejadian Kahuta itu, sebanyak 18 kali terjadi pada bulan Februari, delapan kali di Januari dan dua di Maret.

"Bulan Maret baru memasuki pekan pertama sudah dua Karhutla," katanya.

Dikatakan Zarman dengan kejadian itu, petugas pemadam telah berupaya memadamkan lahan terbakar tersebut semaksimal mungkin.

Disamping itu, kata mantan Camat Payung Sekaki ini, Karhutla terjadi di Pekanbaru rata-rata faktor oknum tidak bertanggung jawab yang hendak membuka lahan dengan cara membakar lahan kosong.

"Kami sudah pastikan dan mengecek Zero Fire dan Zero hotspot, setelah pemadaman per-satu titik wilayah terjadinya Karhutla di tanah gambut dan tanah biasa," katanya.

Ditambahkan dia, 28 kejadian Karhutla itu tersebar di sejumlah Kecamatan yang ada di Kota Pekanbaru diantaranya, Kecamatan Tampan, Tenayan Raya, Rumbai, Rumbai Pesisir, Payung Sekaki, Marpoyan Damai, dan Bukit Raya.

"Kami berpesan kepada lima camat yang di wilayahnya belum terjadi musibah Karhutla, untuk dapat menyampaikan imbauan kepada masyarakatnya tidak membuka lahan dengan cara membakar. Selain itu, jangan membakar sampah di dekat lahan kosong. Sebab, dua faktor ini tertinggi terjadinya Karhutla," kataya.

Baca juga: KLHK bentuk KPH di lokasi rawan Karhutla di Riau, begini penjelasannya

Baca juga: Tercatat 29 kasus karhutla terjadi di Bintan selama Januari-Maret 2020

Baca juga: Rentang Januari-Februari 44 orang jadi tersangka karhutla, begini penjelasannya