4.678 Siswa SD/MI Dumai Bersiap Hadapi UN

id 4678 siswa, sdmi dumai, bersiap hadapi un

Dumai, 7/5 (ANTARA) - Sebanyak 4.678 siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibidaiyah (SD/MI) se Kota Dumai, Riau, bersiap-siap untuk menghadapi Ujian Nasional (UN) yang akan dilaksanakan pada Selasa (10/5).

Ketua Panitia Pelaksanaan UN Kota Dumai, Misdiono, kepada ANTARA di Dumai, Sabtu, mengatakan, ribuan calon peserta UN tersebut merupakan daftar final yang dilaporkan oleh 97 SD/MI baik negeri maupun swasta yang ada di Dumai.

Untuk kesiapan pelaksanaan UN setingkat SD tahun ini, kata dia, pihaknya juga telah menyiapkan ruang khusus UN di masing-masing sekolah dengan total jumlah sebanyak 281 ruangan.

"Nantinya masing-masing ruangan akan diawasi oleh dua orang pengawas, satu dari pihak sekolah yang telah disilang dan satu lagi dari dinas pendidikan," jelasnya.

Saat ini kata Misdiono, pihaknya juga telah merangkul sedikitnya 562 pengawas baik dari pihak sekolah maupun internal dan eksternal Dinas Pendidikan Kota Dumai.

"Sistem pengawasan masih tetap memakai pola lama yakni sistem pengawasan silang, di mana setiap guru akan mengawasi sekolah yang bukan tempat ia mengajar atau mendidik. Sistem pengawasan ini telah terbukti optimal," kata dia.

Selain itu, kata dia, panitia juga masih tetap berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat untuk turut bersama-sama mengawasi jalan UN tahun ini.

Pelaksanaan UN tahun ini kata Misdiono, juga akan berlangsung selama tiga hari yakni 10-12 Mei 2011, sementra untuk UN susulan direncanakan seminggu setelahnya yakni tanggal 18-20 Mei 2011.

Untuk mata pelajaran yang akan diujikan kata dia, ada tiga di mana setiap mata pelajaran akan diujikan pada hari yang berbeda.

Misdiono menambahkan, hari pertama nantinya dimulai dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, kemudian di hari kedua (Rabu/11/5) dilanjutkan dengan mata pelajaran Matematika.

"Sementara di hari terakhir (Kamis 12/5) yakni mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Pelaksanaan UN nantinya akan dimulai pukul 08.00-10.00 WIB," urainya.