70 persen pasien penyakit jantung bawaan Riau berobat ke Malaysia

id Ijn,penyakit jantung

70 persen pasien penyakit jantung bawaan Riau berobat ke Malaysia

Group Chief Operating Officer IJN Akmal Arief Fauzi (tengah). (ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 70 persen pasien penyakit jantung bawaan asal Riauberobat ke Rumah Sakit Institut Jantung Negara (IJN) di Kuala Lumpur belakangan ini.

"Yang banyak berobat ke IJN pasien jantung bawaan dan usianya anak-anak," kata Group Chief Operating Officer IJN Akmal Arief Fauzi di Pekanbaru, Selasa.

Akmal Arief Fauzi menjelaskan dengan peralatan dan teknologi yang canggih dan dibantu 140 dokter handal di bidang jantung, membuat IJN menjadi RS jantung yang sangat direkomendasikan di Eropa, termasuk Asia.

Ia menyatakan sejauh ini tingkat kesuksesan dalam pengobatan pasien jantung bawaan di IJN bahkan mencapai 95-97 persen.

"Sedangkan tingkat keberhasilan operasi bypass jantung 98 persen," ujar Akmal Arief Fauzi.

Karenanya sebut dia pasien jantung asal Pekanbaru dan Riau umumnya alami peningkatan ke IJN. Ditambah sejak dibukanya kantor cabang di Pekanbaru, tepatnya Jalan Teratai no. 202, enam bulan terakhir. Jumlah masyarakat yang ingin berobat jantung ke IJN meningkat.

"Secara nasional pasien jantung ke IJN mencapai 4.000 an tiap tahunnya," tutur dia.

Sedangkan khusus Pekanbaru sejak dibukanya kantor cabang, pasien jantung yang berobat ke IJN mencapai 10-15 orang per bulannya.

Selain itu, sambungnya di IJN juga dilakukan penanganan sakit jantung terpadu, yang ada kaitannya dengan diabetes, ginjal, darah tinggi, sehingga butuh beberapa dokter spesialis.

"Walau tidak tertutup kemungkinan IJN juga bermitra dengan rumah sakit lain jika ditemukan penyakit lainnya pada pasien di luar jantung. Semisal kancer, maka lewat koordinasi siapapun yang datang akan dilayani, setelah terlebih dahulu penyakit jantungnya diobati," katanya.

Sementara itu Group Senior Manager, Corporate Communication IJN, Ainalida Mohamad Jamil menambahkan terkait biaya IJN sejauh ini masuk dalam kategori terjangkau. Namun tetap mempertahankan kualitas pelayanan.

"Makanya kita dengan segala kecanggihan dan pelayanan prima mencoba hadir di Pekanbaru, memberikan pilihan berobat dengan tarif kompetitif," kata Ainalida Mohamad Jamil.

Selain itu tambahnya untuk layanan konsultasi pasien di kantor cabang yang ada gratis. Khusus Pekanbaru dipersilahkan datang ke Jalan Teratai dengan membawa rekam medis pasien jantung, setelah dipelajari langsung oleh dokternya, dan bisa langsung diperoleh rekomendasi pengobatan serta biayanya. Jika pasien sudah setuju dan siap untuk dilakukan pengobatan, langsung diberangkatkan ke IJN Malaka untuk mengikuti pengobatan.

"Selama proses konsultasi di Pekanbaru gratis," tambahnya.

IJN adalah RS yang khusus menangani pasien jantung dari berbagai usia dengan karakteristiknya. Saat ini IJN memiliki 140 dokter spesialis jantung, dan 400 ruang rawat.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar