Ini pemain China pertama yang bobol gawang Barcelona

id Barcelona,Espanyol,Wu Lei

Ini pemain China pertama yang bobol gawang Barcelona

Pemain Espanyol Wu Lei merayakan gol kedua timnya di bawah tatapan pemain Barcelona Jordi Alba saat kedua tim seri 2-2 pada pertandingan liga di RCDE Stadium, Barcelona. Wu Lei menjadi pemain China pertama yang membobol gawang Barcelona. (REUTERS/Albert Gea)

Jakarta (ANTARA) - Striker berkulit kuning asal China Wu Lei mengantarkan Espanyol menahan seri 2-2 Barcelona dalam pertandingan yang menghiburkan pada derbi Catalan Minggu dini hari WIB .

Barcelona berusaha keras kembali ke puncak klasemen setelah dikudeta Real Madrid yang mengalahkan Getafe 3-0 beberapa jam sebelum mereka dipaksa seri oleh Espanyol.

Barca malah tertinggal lebih dulu 0-1 pada menit ke-25 ketika sundulan David Lopez yang memanfaatkan tendangan bebas dari kaki kiri Neto masuk ke gawang tim tamu.

Tim asuhan Ernesto Valverde berusaha membalas ketertinggalan ketika sundulan Lionel Messi tepat jatuh ke arah kiper Espanyol Diego Lopez sedangan sebuah upaya Luis Suarez membentur tiang gawang.

Ivan Rakitic nyaris membuat Arturo Vidal menyamakan kedudukan pada babak pertama, dan Barca akhirnya menyamakan skor lima menit pertama babak kedua ketika Suarez menaklukkan Lopez lewat tembakan sentuhan pertama dari jarak dekat setelah menerima umpan sempurna Jordi Alba di dalam kotak penalti.

Suarez gantian merancang gol ketika umpannya dari luar kotak penalti membuat Vidal membawa Barcelona berbalik unggul 2-1.

Frenkie de Jong menerima kartu kuning kedua dalam jangka 10 menit sehingga diusir wasit ke luar lapangan seperempat jam sebelum pertandingan selesai. Ini membuat kekuatan Barcelona menjadi pincang.

Kartu merah itu juga membuat Barcelona menderita ketika pemain pengganti Lei menjemput dengan manis umpan dari Matías Vargas untuk dikemasnya menjadi gol lewat tendangan sentuhan pertama yang gagal dihadang Neto sehingga menyamakan kedudukan dan menjadi pemain China pertama yang menyarangkan gol ke gawang Barcelona.

Poin ini sudah cukup mengantarkan Barcalonapuncak klasemen La Liga namun dengan poin yang sama dengan Real Madrid karena unggul selisih gol, sedangkan juru kunci Espanyol memangkas defisit dari sesama penghuni zona degradasi Leganes dan Celta Vigo, demikian ESPN.

Baca juga: Wah, Arturo Vidal tuduh Barcelona tak bayar bonus