Kilang Pertamina Dumai belum produksi karena gangguan listrik

id pertamina dumai,kilang pertamina dumai,pertamina dumai mati

Kilang Pertamina Dumai belum produksi karena gangguan listrik

Kilang Minyak Putri Tujuh milik Pertamina UP II Dumai dalam proses perbaikan pasca kejadian salah satu turbin penggerak kelistrikannya mengalami kerusakan di Dumai, Riau, Rabu (11/12/2019). ANTARA/Aswaddy Hamid.

Dumai (ANTARA) - Kilang Minyak Putri Tujuh Pertamina RU II Dumai dilaporkan masih terkendala operasional hingga Kamis ini akibat gangguan sistem kelistrikan yang mati total sejak Selasa (10/12) sore, atau tidak berproduksi selama tiga hari.

Pertamina RU II Dumai sebelumnya mengklaim meski ada gangguan dalam operasional produksi kilang minyak, namun tidak sampai menimbulkan kerugian, dan suplay bahan bakar minyak dinyatakan masih aman.

Sistem kelistrikan mengalami gangguan ini karena salah satu mesin "boiler" turbin penggerak sistem kelistrikan Pertamina RU II Dumai rusak dan membuat listrik di areal objek vital nasional ini mati total dan menghambat operasional.

Pejabat Humas Pertamina RU II Dumai Muslim Darmawan mengaku gangguan listrik di areal kilang sudah teratasi namun belum normal sepenuhnya dan masih belum bisa berproduksi karena sedang persiapan "start up" turbin rusak.

"Listrik sudah normal tapi untuk memulai kegiatan operasional produksi belum bisa karena masih perlu waktu untuk persiapan," kata Muslim.

Menurutnya, untuk pemulihan secara total turbin penggerak sistem kelistrikan kilang diperkirakan membutuhkan waktu tujuh hingga delapan hari, dan tim teknis masih terus bekerja menyelesaikan kerusakan itu.

Kendala jaringan listrik yang sudah berlangsung beberapa hari ini tidak saja berdampak di lokasi kilang minyak, karena juga terimbas ke perkantoran dan komplek perumahan karyawan di Kelurahan Bukit Datuk Kecamatan Dumai Selatan.

"Untuk beroperasi penuh perlu waktu seminggu atau lebih karena mesin turbin harus dipanaskan dan ada prosedur dijalankan," sebutnya.

Diberitakan, terkait kejadian ini, Pertamina RU II Dumai sudah menginformasikan kepada warga sekitar agar tidak resah, dan gangguan listrik ini murni karena ada insiden pada salah satu turbin penggerak, bukan faktor alam.

Baca juga: Pertamina RU II Dumai klaim tidak merugi meski sistem kelistrikan padam hampir 24 jam

Baca juga: Kilang Pertamina Dumai padam listrik berjam-jam


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar