DOB Duri butuh dukungan formal pemda dan DPRD

id Senator,DOB Duri,dukungan formal,Pemerintah Daerah,DPRD,Kabupaten Bengkalis

DOB Duri butuh dukungan formal pemda dan DPRD

Ilustrasi - Masyarakat Tabagsel dukung pemekaran Sumatera Tenggara. (ANTARA)

Jakarta (ANTARA) - Senator dari Provinsi Riau, Intsiawati Ayus mengatakan perwujudan Daerah Otonom Baru (DOB) Duri semakin dekat jika masyarakat mendapat dukungan formal dari pemerintah daerah dan DPRDsetempat.

"Saya minta tolong agar masyarakat mendorong pemerintah daerah dan anggota DPRD untuk mengeluarkan dukungan formal agar persyaratan DOB terpenuhi," ujarnyaketika dikonfirmasi lewat telepon di Jakarta, Rabu.

Untuk itu, ia meminta masyarakat yang mendukung DOB Duri agar bisa menyelesaikan persoalan administrasi terlebih dahulu dengan mendesak pemda dan DPRDsetempat mengeluarkan dukungan berbentuk formal.

Intsiawati mengatakan persyaratan DOB Duri secara naskah akademik sudah terpenuhi, namun untuk mewujudkan DOB itu juga perlu dukungan formal dari pemerintah daerah.

Ia menyadari keinginan besar masyarakat yang sudah 10 tahun lebih mengupayakan pemekaran daerah di wilayah administrasi Kabupaten Bengkalis tersebut.

Namun, ia masih belum membaca bentuk dukungan formal dari pemerintah dan DPRD setempat.

"Hanya dukungan dari wakil rakyat DPRD Kabupaten Bengkalis dan pemerintah setempat saya belum baca. Mungkin saya salah, mungkin dukungan itu ada tapi realisasinya masih hitam putih. Padahal naskah akademik yang dibuat itu sudah selesai," ujar Intsiawati.

Ia mengaku awal mula mengetahui ada keinginan besar membentuk DOB Duri saat membaca naskah akademik yang sudah diajukan serta dari beberapa catatannya saat tatap muka dengan tokoh masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan terkait di Bengkalis Daratan, dan sebagian lagi ada di Kepulauan Bengkalis.

Menurut Intsiawati, DOB itu bisa saja jika terjadi di dalam sistem yang benar, di mana persyaratan administrasi harus terlebih dahuludipenuhi lewat realisasi dukungan bentuk formal pemda dan wakil rakyat setempat.

"Setidaknya kami akan mengajukan jika sudah memenuhi syarat administrasi itu," ujar perempuan yang kerap disapa Iin itu.

Ketika ditanya seperti apa bentuk DOB Duri jika terealisasikan, menurut pandangan Iin, Duri nantinya bukan kabupaten akan tetapi berbentuk kota.

"Jika saya sandingkan, sama dengan Dumai. Sentral kota niaga," ujar Iin.

Meskipun dari segi infrastruktur memang tidak semua daerah itu harus mempunyai standar yang sama, katanya, kriteria untuk membentuk DOB sudah terpenuhi.

"Minimal empat kecamatan. Pemenuhan syarat itu, sudah selesai," kata Iin.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar