Replika stupa Borobudur di Ukraina akan diresmikan pada 17 Agustus

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,Replika stupa Borobudur di Ukraina

Pekerja banngunan seni yang didatangkan langsung dari Indonesia tengah mengerjakan replika stupa Borobudur yang dibangun di area Taman Indonesia di kawasan National Botanical Garden M. M. Gryshko, Kiev, Ukraina. Stupa tersebut akan diresmikan 17 Agustus 2019. (KBRI Kiev)

Jakarta (ANTARA) - Replika stupa Borobudur di area Taman Indonesia di kawasan National Botanical Garden M. M. Gryshko, Kiev, Ukraina, yang selesai akhir Juni lalu akan diresmikan pada 17 Agustus mendatang, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-74.

Duta Besar RI untuk Ukraina Yuddy Chrisnandi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis, mengatakan Candi Borobudur merupakan warisan budaya nenek moyang yang menggambarkan kebesaran peradaban bangsa Indonesia sehingga dipilih untuk melengkapi keindahan Taman Indonesia di kebun raya terbesar di Ukraina tersebut.

Baca juga: Ratusan pelajar bersihkan Candi Borobudur untuk memperingati Hari Purbakala

Stupa Borobudur itu juga akan menjadi tanda persahabatan abadi antara Indonesia dan Ukraina sekaligus sebagai hadiah menyambut HUT Kemerdekaan Ukraina yang ke-28 pada 24 Agustus mendatang.

Rencananya, peresmian stupa Borobudur sekaligus resepsi diplomatik HUT RI akan dihadiri para pejabat tinggi dan tokoh masyarakat Ukraina, kepala perwakilan asing dan organisasi internasional di Ukraina, seluruh mitra KBRI, friends of Indonesia, serta masyarakat Indonesia di Ukraina.

Pembangunan replika stupa Borobudur di Kiev memakan waktu 51 hari yang dikerjakan langsung oleh tiga pekerja bangunan seni dari Indonesia.

Saat ini, mereka hanya tinggal menyelesaikan pembangunan jalan tangga yang menghubungkan stupa dengan area Paviliun Indonesia, serta mempersiapkan area taman untuk peresmian stupa Borobudur di Kiev.

Taman Indonesia terletak di kawasan National Botanical Garden M.M. Gryshko yang merupakan salah satu kebun raya terbesar di Ukraina dengan koleksi ribuan spesies pohon baik tropis maupun subtropis.

Kebun raya seluas 120 hektare tersebut dibangun pada 1932 dan merupakan obyek wisata keluarga yang tidak pernah sepi pengunjung.

Baca juga: Membangun Pariwisata Berbasis Masyarakat di Kawasan Borobudur

Baca juga: Candi Borobudur Diserbu Ribuan Wisatawan


Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar