Arjen Robben gantung sepatu

id arjen robben,bayern muenchen,timnas belanda,groningen,psv,real madrid,liga belanda,liga spanyol,chelsea,liga inggris,lig

Arjen Robben gantung sepatu

Arjen Robben (Reuters)

Jakarta (ANTARA) - Mantan bintang tim nasional Belanda, Arjen Robben, akhirnya memutuskan untuk gantung sepatu total dari sepak bola profesional, demikian dilansir Telegraaf pada Kamis malam WIB.

"Tentu saja ini keputusan tersulit yang saya ambil sepanjang karier. Keputusan yang membolak balikan hati dan pikiran," kata Robben.

Keputusan Robben pensiun dari karier profesional diambil sekira dua tahun berselang setelah ia pensiun dari tim nasional Belanda medio Oktober 2017.

Robben baru saja mengucapkan salam perpisahan dengan raksasa Jerman Bayern Muenchen yang sudah dibelanya selama satu dasawarsa terakhir dan awalnya tak menutup peluang untuk berseragam tim lain.

Namun, pada akhirnya, dwigelar Liga Jerman dan Piala Jerman yang diraihnya bersama Muenchen pada 2018/2019 menjadi prestasi penutup karier profesionalnya.

Robben menjalani debut profesional bersama tim senior FC Groningen pada 3 Desember 2000 sebagai pemain pengganti pada menit ke-79 laga Eredivisie Liga Belanda melawan RKC Waalwijk.

Sejak itu ia mengembara melakoni 19 tahun karier profesional bersama empat klub lain yakni PSV Eindhoven, Chelsea, Real Madrid dan tentunya Muenchen.

Bersama PSV ia menjuarai Liga Belanda 2002/2003 sembari menyabet gelar Pemain Tebaik di musim yang sama.

Lantas ia juga merasakan dua gelar juara Liga Inggris, satu trofi Piala FA dan dua trofi Piala Liga Inggris serta satu gelar juara Liga Spanyol ketika bermain di Madrid.

Namun, karier puncaknya terjadi di Muenchen di mana ia mengemas 144 gol dalam 306 penampilan di semua kompetisi, membantu FC Hollywood delapan kali juara Liga Jerman, meraih lima trofi Piala Jerman serta mengangkat trofi Liga Champions musim 2012/2013.

Di tim Oranje, Robben punya catatan 96 penampilan dan mengantarkan Belanda ke final Piala Dunia 2010.

Kariernya di Muenchen ditutup Robben dengan cara manis, mencetak gol dalam kemenangan 5-1 atas Eintracht Frankfurt yang memastikan gelar juara Liga Jerman 2018/2019.