CJH Riau dapat dana transportasi Rp25 miliar di APBD 2019

id Embarkasi haji,haji riau

CJH Riau dapat dana transportasi Rp25 miliar di APBD 2019

Embarkasi Haji Antara Riau



Pekanbaru, (Antaranews Riau) - Pemerintah Provinsi Riau mengalokasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019 sebesar Rp25 miliar untuk dana transportasi Calon Jemaah Haji.

"Anggaran ini untuk transportasi pergi dan pulang Pekanbaru-Batam (Kepulauan Riau), kita siapkan Rp25 miliar. Sementara jemaah yang berasal dari Kabupaten-kota, dana transportasinya ditanggung oleh pemkab setempat," ujar Anggota Komisi V DPRD Riau, Husaimi Hamidi di Pekanbaru, Selasa.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan Riau ini menyebutkan, sudah ada payung hukum yang mengatur mengenai dana transportasi CJH yang dibebani pada anggaran daerah. Sehingga, mendukung untuk fungsionalnya embarkasi haji antara Riau pada 2019 ini.

Disebutkannya, Kementerian Agama RI juga sudah menyetujui beroperasionalnya embarkasi haji antara Riau tahun ini. "Perdanya sudah ada, dan embarkasi haji kita juga sudah disetujui Kemenag, efektifnya tahun ini sudah bisa digunakan," sebut Husaimi.

Baca juga: 2.212 Jemaah Haji Riau Tiba di Tanah Air

Meski begitu, para CJH yang berasal dari Riau tetap melakukan perjalanan melalui Kota Batam menuju Jeddah, mengingat runway Bandara SKK II belum sepenuhnya bisa digunakan oleh pesawat berbadan besar atau airbus.

"Jadi bedanya nanti, biasanya CJH melakukan perjalanan ke Batam memakai biaya sendiri. Ketika transit juga menginap di Batam. Namun sekarang sudah disubsidi pemerintah, jadi CJH dari Riau menginap di asrama haji di Pekanbaru, hanya berpindah pesawat saja saat di Batam," ujar Legislator asal Rokan Hilir tersebut.

Husaimi mengatakan, tahun ini 5.000 CJH yang melakukan ibadah haji dapat menghemat anggaran sebesar Rp6 juta per CJH. Kemudian, dia juga mengatakan, perputaran ekonomi akan meningkatkan di Kota Pekanbaru.

"Dampaknya tentu pada ekonomi di Pekanbaru, bayangkan saja satu jemaah membawa keluarga 10 orang, ini juga akan menguntungkan," katanya.

Baca juga: Total 5.020 Jemaah Haji Riau Sudah Kembali Ke Daerah Asal