Ma'ruf Amin mulai siapkan diri hadapi debat Capres-Cawapres

id Ma'ruf Amin, Debat Capres-Cawapres

Ma'ruf Amin mulai siapkan diri hadapi debat Capres-Cawapres

Ma'ruf Amin mulai siapkan diri hadapi debat Capres-Cawapres (Antaranews)

Jakarta (Antaranews Riau) - Cawapres nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin mengakui mulai mempersiapkan diri menghadapi Debat Capres-Cawapres maupun Debat Cawapres yang diselenggarakan KPU menghadapi pemilu presiden 2019.

"Ada lima kali acara debat yang akan diselenggarakan oleh KPU, dan KPU sudah menentukan topik bahasan dalam setiap debat," kata KH Ma'ruf Amin, di kediamannya, di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta, Jumat.

Sebelumnya, KPU telah menetapkan jadwal lima kali Debat Capres-Cawapres dalam menghadapi pemilu presiden 2019. Rangkaian Debat Capres-Cawapres tersebut, pertama adalah Debat Capres-Cawapres, kedua Debat Capres, ketiga Debat Cawapres, keempat Debat Capres, serta kelima Debat Capres-Cawapres.

Menurut Ma'ruf Amin, dari lima kali Debat Capres-Cawapres itu, Cawapres mengikuti tiga kali debat yakni dua kali debat bersama Capres serta satu kali debat hanya antar-Cawapres, sedangkan dua kali debat lainnya adalah antar-Capres.

Kiai Ma'ruf menjelaskan, topik bahasan dalam setiap Debat Capres-Cawapres juga sudah ditentukan oleh KPU. Acara Debat Capres-Cawapres tahap pertama, akan diselenggarakan KPU di Jakarta, pada 17 Januari mendatang.

"Topiknya, soal penegakan hukum dan HAM, serta pemberantasan korupsi dan terorisme," katanya.

Untuk Debat antar-Cawapres, topik bahasannya adalah soal pendidikan, tenaga kerja, dan sosial. Kemudian, Debat Capres-Cawapres yang kelima topik bahasannya soal ekonomi.

Terkait dengan penyelenggaraan Debat Capres-Cawapres ini, KPU juga sudah menetapkan pembandu acara serta tujuh orang panelis yang akan memberikan materi pernyataan kepada pasangan capres-cawapres.

"Pada debat yang pertama, saya akan bersama Pak Jokowi membahas soal hukum. Kemudian, pada Debat yang terakhir, saya kembali bersama Pak Jokowi membahas soal ekonomi. Saya juga akan tampil sendiri membahas soal ekonomi, tenaga kerja, dan sosial. Persoalan-persoalan itu yang mulai saya dalami," tuturnya.

Ketika ditanya, mana topik yang paling disukai dan kurang disukai, Kiai Ma'ruf langsung menjawab, bahwa semua topik harus disukainya, karena sudah ditetapkan oleh KPU.

Kiai Ma'ruf juga mengakui, menghadapi acara Debat Capres-Cawapres, ada Tim Materi dari Tim Kampanye Nasional (TKN) yang membantu memperkaya wawasannya, dalam mengakualisasi informasi terkini.