Warga Pujud Minta Kejelasan Soal Janji RLH Dari Bupati Rohil

id warga pujud, minta kejelasan, soal janji, rlh dari, bupati rohil

Warga Pujud Minta Kejelasan Soal Janji RLH Dari Bupati Rohil

Rokan Hilir (Antarariau.com) - Masyarakat Kepenghuluan Kasangbangsawan, Kecamatan Pujud menuntut janji Bupati Rokan Hilir Provinsi Riau Suyatno untuk memberikan bantuan 20 unit rumah layak huni (RLH) untuk mengganti bangunan mereka yang terbakar pada 2015 lalu.

"Kami minta janji Bupati dan Sekda Rohil segera memberikan 20 unit bantuan rumah layak huni sesuai rapat yang telah dilaksanakan pada 9 Maret 2015 lalu, namun sampai saat ini tidak ditepati," ujar Penghulu Kasangbangsawan Safril mewakili masyarakat saat melakukan mediasi dikediaman Bupati Rohil Jalan Madrasah, Bagansiapiapi, Kamis.

Sebelumnya masyarakat yang jumlahnya 250 orang itu rencananya melakukan unjuk rasa di halaman Kantor Bupati Rohil, namun Bupati meminta kepada perwakilan pengunjuk rasa untuk menemui dirinya.

Sedikitnya ada sekitar 10 orang menemui Bupati Rohil guna membahas persoalan tersebut. Sementara ratusan massa lainnya menunggu di kediaman mantan Anggota DPRD Rohil Joni Afrizal alias Ijal Simin.

Mediasi yang dimulai sekitar pukul 09.10 WIB itu juga turut dihadiri Wakil Bupati Rohil Jamiludin, Dandim 0321/ Rohil Letkol Arh Bambang Sukisworo, Asisten II Hasrial, Kabag Ops Polres Rohil Kompol Setiawan Eko Prasetio, Kapolsek Bangko AKP Agung Triadi, Kasat Reskrim Polres Rohil AKP Awaludin Syam, dan Camat Pujud Muslikh.

"Kami juga memohon kepada Bupati untuk segera memindahkan Camat Pujud yang selama ini dianggap tidak pro terhadap masyarakat," kata penghulu.

Bupati Rokan Hilir Suyanto akan memenuhi tuntutan massa melalui dan akan membangun RLH sesuai permintaan masyarakat yang dahulunya merupakan rumah/cafe yang dibakar oleh warga setempat.

"Kami juga mengingatkan apabila pembangunan selesai, peruntukan RLH tersebut diharapkan dapat digunakan sesuai dengan fungsinya dan tidak kembali digunakan sebagai tempat maksiat. Tapi kalau tuntutan untuk memindahkan camat nanti akan kami koordinasikan," katanya.

Usai melakukan mediasi dan menerima saran dari Bupati Rohil, ratusan massa kembali bergerak pulang menuju Kecamatan Pujud. (Adv)

Oleh: Dedi Dahmudi