Pustaka Adalah Jendela Dunia, BPAD Riau Imbau Masyarakat Sering Datang

id pustaka adalah, jendela dunia, bpad riau, imbau masyarakat, sering datang

Pustaka Adalah Jendela Dunia, BPAD Riau Imbau Masyarakat Sering Datang

Nella Marni

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Riau mengimbau kepada seluruh masyarakat daerah setempat untuk sering-sering datang mengunjungi pustaka agar bisa menambah ilmu dan informasi.

"Kami dari BPAD Riau mengimbau kepada guru-guru dan orangtua untuk mengajak peserta didiknya untuk rajin datang ke pustaka. Guna menambah ilmu dan informasi, karena perpustakaan merupakan jendela dunia," ujar Kepala Bidang Perpustakaan BPAD Riau, Media Efayani, di Pustaka Wilayah Soeman HS, Pekanbaru, Rabu.

Menurutnya, untuk bisa mengetahui dunia ini seperti apa, tidak perlu jauh-jauh karena semua ada di perpustakaan. Katanya, kejadian dan sesuatu yang ada di luar, bisa diketahui melalui membaca. "Semuanya ada di perpustakaan, jadi tidak perlu jauh-jauh untuk melihat dunia," katanya.

Selain itu ia juga menginformasikan, BPAD Riau melakukan pembaruan-pembaruan pelayanan untuk meningkatkan minat pengunjung yang datang ke Puswil Soeman HS Pekanbaru.

"Saat ini kami sudah memberikan kemudahan pada sistim peminjaman, agar pengunjung yang membutuhkan buku bisa dengan segera memperolehnya. Kemudian juga disediakan registrasi atau pendaftaran gratis yang bisa langsung jadi, dan disediakannya wifi gratis," tuturnya.

Kemudian, saat ini juga sudah dilakukan penambahan koleksi buku-buku, agar adanya kelengkapan bacaan yang dibutuhkan oleh setiap pengunjung yang datang. Hal tersebut juga berdampak pada mulai meningkatnya minat baca dari masyarakat.

"Saat ini bisa dikatakan minat baca dari masyarakat kita mulai meningkat dibandingkan biasanya, terbukti dari banyaknya kunjungan dari sekolah-sekolah yang berasal dari kota Pekanbaru dan daerah-daerah lain ke Puswil Soeman HS ini," ucapnya diinformasikan usai memberi sambutan lomba bercerita antar SD/MI se Provinsi Riau.

Kemudian katanya, Perpustakaan Nasional juga menggalakkan program untuk meningkatkan minat baca siswa melalui lomba bercerita untuk tingkat SD/MI se Indonesia pada Agustus mendatang.

"Kita dari Provinsi Riau sedang melakukan pemilihan untuk memilih sang juara yang akan mewakili dan mengharumkan nama baik daerah setempat di tingkat nasional," tutup Media.

Sementara itu, hal senada juga disampaikan oleh Hombing, staff informasi dan pelayanan BPAD Riau. Dikatakannya, pada tahun ini pengunjung pustaka Soeman HS sudah mengalami peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Kebutuhan masyarakat kita untuk informasi sedikit terangkat, kita juga mengharapkan minat baca dari masyarakat Riau secara keseluruhan meningkat," ujar Hombing.