Tak Ada Perangkat Teknologi Di Sekolah Google

id tak ada, perangkat teknologi, di sekolah google

Tak Ada Perangkat Teknologi Di Sekolah Google

Oleh Indriani

Mountain View, California, 12/11 (Antara) - Saat orang tua di Tanah Air berbondong-bondong mengenalkan anaknya dengan gawai seperti ponsel pintar, komputer maupun tablet sejak dini, justru anak-anak para pekerja Google jauh dari hal itu semua.

Setidaknya itu yang tergambar saat berkunjung ke The Woods, Pusat Pengembangan Anak Google, yang terletak di Gladys Ave, Mountain View, Caliornia.

LKBN Antara dan rombongan pegiat pendidikan Indonesia disambut ramah oleh Direktur Google Children Center, Gail Solit. Gail, perempuan separuh baya yang energik, dengan cekatan memandu para tamu.

Pusat pengembangan atau lebih tepat disebut penitipan anak tersebut terdiri atas beberapa kelas yang dikelompokkan berdasarkan usia anak. Sementara para orang tuanya bekerja, anak-anak mereka dititipkan di The Woods.

"Kami menerima anak mulai berumur enam bulan hingga empat tahun," kata Gail.

Pusat pengembangan tersebut memang khusus diperuntukkan bagi anak-anak para pekerja Google. Berbeda dengan pekerjaan orang tua mereka, yang bergelut dengan teknologi. Di tempat tersebut, justru sebaliknya. Tak ada anak yang memegang gawai. Anak-anak dibiarkan bermain dan berinteraksi dengan anak lainnya.

Gail berpendapat, jika anak diperkenalkan dengan gawai sejak dini maka mereka tidak akan berinteraksi dengan sesamanya.

"Mereka tidak akan berbicara dengan temannya yang lain, tentunya mereka sibuk sendiri dengan gawai mereka. Mereka juga tidak berinteraksi dengan lingkungan, dan itu tidak baik untuk perkembangan mereka."

Penggunaan komputer pun, sambung dia, tidak baik karena melalui komputer, anak belajar menyalin tanpa belajar membuat prakarya mereka sendiri. Itu sebabnya, pusat pengembangan anak tersebut lebih memilih anak-anak menggambar di kertas dibandingkan menggambar di komputer.

Bersambung ke hal 2 ...