Workshop validasi data PDDIKTI untuk pelayanan mahasiswa Unri yang lebih baik

id Unri

Workshop validasi data PDDIKTI untuk pelayanan mahasiswa Unri yang lebih baik

Para peserta workshop berfoto bersama. (ANTARA/HO-Unri)

Pekanbaru (ANTARA) - Universitas Riau (UNRI) melalui Bagian Akademik Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) menyelenggarakan pelatihan validasi data pelaporan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) dan Penetapan Status Mahasiswa: Rekonsiliasi Data Mahasiswa Semester Genap 2023 dan Semester Ganjil 2024" pada 25-26 Oktober 2024 di Pekanbaru.

Acara ini bertujuan untuk memfasilitasi pegawai dan operator akademik dalam memperbaiki dan memvalidasi data mahasiswa.

Rektor UNRI Prof Dr Sri Indartiyang diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Mexsasai Indra menyampaikan bahwa para operator diarahkan untuk bisa mengidentifikasi dan menyelesaikan persoalan teknis yang sering muncul dalam pengelolaan data, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada mahasiswa.

Dalam sambutannya, Mexsasi menyebutkan bahwa penggunaan sarana IT adalah sesuatu yang tidak bisa ditinggalkan. Kendatidemikian, teknologi juga tidak terlepas dari kesalahan. Sementara data yang valid adalah kunci untuk memastikan bahwa setiap mahasiswa mendapatkan hak-haknya dengan benar, termasuk status akademik dan akses ke layanan pendidikan.

"Dengan semangat kolaborasi, workshop ini diharapkan tidak hanya meningkatkan pemahaman teknis, tetapi juga membangun koordinasi dan komunikasi antara pegawai dan operator akademik di lingkungan UNRI. Hal ini sebagai bentuk komitmen UNRI untuk terus berkontribusi dalam peningkatan kualitas mutu pendidikan tinggi di Indonesia", sebut Mexsasai.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Akademis dan Kemahasiswaan UNRI, Dessy Riasari SE Ak MM, menjelaskan tujuan dari workshop ini adalah untuk memastikan setiap operator akademik fakultas di lingkungan UNRI memiliki pemahaman yang sama mengenai pentingnya pelaporan data yang akurat.

“Ada beberapa hal teknis yang akan divalidasi dalam workshop ini. Di antaranya terkait finalisasi data PDDIKTI, finalisasi data MBKM, finalisasi data mahasiswa, serta reviu ulang berkaitan dengan aplikasi SATU UNRI.

Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi pegawai dalam menangani data mahasiswa, sehingga pelayanan akademik menjadi lebih efektif dan efisien," harap Dessy.

Workshop ini menghadirkan Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi UNRI Ibnu Daqiqil ID SKom MTI PhD sebagai narasumber. Workshop ini juga dirancang interaktif, memberikan kesempatan kepada peserta untuk berdiskusi dan bertanya langsung kepada narasumber mengenai tantangan yang mereka hadapi dalam pelaporan data, terutama dalam implementasi Aplikasi SATU UNRI dalam layanan akademik bagi mahasiswa.