Lahan PTPN di Lampung terbakar

id Lampung Selatan ,Damkarmat ,Kebakaran lahan

Lahan PTPN di Lampung terbakar

Suasana saat terjadi kebakaran lahan di PTPN 7 Lampung Selatan. (ANTARA/HO-Kominfo Lampung Barat)

Lampung Selatan (ANTARA) - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Lampung Selatan, berhasil memadamkan kebakaran lahan di PTPN 7 dan gerbang tol Kota Baru pada Sabtu, pukul 13.00 WIB.

Kepala Bidang Damkar Dinas Damkarmat Lampung SelatanRully Fikriansyahdi Kalianda, Sabtu, membenarkanbahwa pihaknya telah berhasil memadamkan kebakaran lahan milik PTPN dan area gerbang tol Kota Baru itu.

"Tim kami telah berhasil memadamkan kebakaran lahan PTPN7 dan lahan di pintu gerbang tol Kota Baru pada hari ini sekitar pukul 13.00 WIB," kata dia.

Petugas sempat kesulitan mengatasi kebakaran lahan tersebut, karena kondisi di lokasi kejadian terdapat angin kencang serta rumput yang sudah kering mengakibatkan mudah terbakar.

Petugas mendapatkan laporan terkait dengan adanya kebakaran lahan milik PTPN pukul 10.51 WIB, kemudian menuju lokasi pukul 10.55 WIB, dan petugas langsung berusaha memadamkan api di area tersebut agar tidak meluas.

Hingga berita ini dibuat, belum ada penjelasan berapa luas lahan yang mengalami kebakaran tersebut.

Atas kejadian tersebut, ia mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) selama kemarau di wilayah tersebut.

Dia mengatakan kesadaran masyarakat penting untuk meningkatkan kewaspadaan dalam membuka lahan pertanian.

Pihaknya juga mengimbau warga yang melintas di jalan yang berpotensi kebakaranagar tidak membuang puntung rokok karena dapat memicu terjadinya kebakaran.

"Kami mengimbau kepada warga masyarakat agar lebih berhati-hati dalam penggunaan api, jangan membuang sisa atau puntung rokok di pinggir jalan karena dapat menyebabkan kebakaran," ujarnya.