Enam helikopter disiagakan untuk patroli dan pemadaman karhutla di Riau

id Karhutla,Danlanud riau,Karhutla riau

Enam helikopter disiagakan untuk patroli dan pemadaman karhutla di Riau

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Marsma TNI Mohammad Nurdin saat diwawancarai (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - Enam helikopter Lanud Roesmin Nurjadin (RSN) Pekanbaru disiagakan untuk patroli dan water bombing terkait penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Komandan Lanud RSN Pekanbaru Marsma TNI Mohammad Nurdin saat ditemui, Sabtu, menyebutkan sebagai Satgas udara dalam penanganan karhutla, pihaknya mengedepankan langkah antisipatif.

Enam helikopter yang ada melaksanakan dua tugas yaitu patroli guna melihat secara langsung titik apabila terjadi kebakaran.

"Kedua, juga untuk water bombing, menyiram api apabila sudah terkonfirmasi lahan tersebut memang membutuhkan pemadaman melalui udara," terangnya kepada awak media.

Dikatakannya, pihaknya mengedepankan langkah antisipatif. Sebab berdasarkan pengalamannya, memadamkan api lebih sulit dibandingkan mengidentifikasi titik api.

Baca juga: Lagi, Karhutla melanda di dua lokasi di Rokan Hilir

"Kita berharap cara ini dapat efektif dan menjamin karhutla bisa kita hindari, khususnya di daerah Riau," harap Nurdin.

Selain itu upaya teknologi modifikasi cuaca menjadi salah satu pilihan yang dianggap paling efektif untuk fase mitigasi.

"Kita harap mekanisme dapat berjalan dan bisa menghasilkan teknologi modifikasi cuaca segera apabila diperlukan," ujarnya.

Tambah Nurdin, saat ini dalam satu bulan terakhir titik api terbanyak diketahui berada di Rokan Hulu, Rokan Hilir dan Bengkalis.

Baca juga: Pria di Pekanbaru ditangkap karena sebabkan kebakaran lahan