Hutama Karya beri diskon jarak tarif terjauh dua ruas tol di JTTS

id Diskon tol

Hutama Karya beri diskon jarak tarif terjauh dua ruas tol di JTTS

Ilustrasi tol yang dibangun Hutama Karya. (ANTARA/ HO Hutama Karya)

Jakarta (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) memberlakukan diskon tarif pada dua ruas terpanjang di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yakni Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 kilometer (km) dan Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 km.

“Diskon tarif ini sebagai apresiasi kepada pengguna jalan sekaligus meningkatkan level of interest masyarakat yang ingin kembali ke kampung halaman khususnya dari arah Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera atau sebaliknya, dengan memilih JTTS sebagai alternatif jalur mudik,” kata Direktur Operasi III Hutama Karya,Koentjoro lewat keterangannya di Jakarta, Rabu.

Koentjoro menyampaikan bahwa diskon tarif tersebut dilakukan sebagai bentuk dukungan Hutama Karya dalam memperlancar arus distribusi lalu lintas serta menyemarakkan momen Mudik Lebaran 2023.

Lebih lanjut, Koentjoro menjelaskan bahwa diskon tarif tersebut akan berlaku pada puncak arus mudik yaitu tanggal 16 April 2023 Pukul 06.00 WIB - 18 April 2023 Pukul 06.00 WIB dan pada arus balik berlangsung di tanggal 26 April 2023 Pukul 06.00 WIB - 28 April 2023 Pukul 06.00 WIB.

Diskon tarif di kedua ruas tol tersebut sebesar 20 persen, berlaku hanya untuk kendaraan yang melintas dengan jarak tarif terjauh yakni kendaraan yang masuk dari Gerbang Tol Bakauheni Selatan dan keluar di Gerbang Tol Kayu Agung atau sebaliknya.

Diskon tarif yang akan diberlakukan dengan pembulatan kelipatan Rp500 diatur berdasarkan hitungan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT), dengan rincian sebagai Kendaraan Golongan I Semula Rp289.000 menjadi Rp231.500 diskon sebanyak Rp57.500, Kendaraan Golongan II dan III Semula Rp433.000 menjadi Rp346.500, diskon sebanyak Rp86.500, Kendaraan Golongan IV dan V Semula Rp578.000 menjadi Rp462.500 diskon sebanyak Rp115.500.

Koentjoro menambahkan, diskon tarif itu diharapkan dapat mengurai kepadatan arus mudik dan arus balik di JTTS sehingga distribusi kendaraan yang melintas dapat lebih merata dan tidak menyebabkan kepadatan pada tanggal-tanggal tertentu.

“Kami imbau pemudik yang ingin melintasi JTTS untuk selalu mengecek kecukupan saldo dan kondisi Kartu Uang Elektronik (UE) sebelum berangkat agar tidak menyebabkan antrean di gerbang tol, menggunakan satu kartu untuk satu kendaraan pada sistem jalan tol tertutup serta menggunakan lajur paling kiri atau lajur yang diperuntukkan untuk saldo kurang apabila saldo tidak mencukupi,” tutup Koentjoro.

Hutama Karya memprediksi peningkatan Volume Lalu Lintas (VLL) yang akan melintas di JTTS saat Mudik Lebaran 2023 mendatang setelah adanya kebijakan ini yaitu meningkat hingga 37 persen jika dibandingkan dengan VLL normal atau diperkirakan meningkat duapersen jika dibandingkan prediksi VLL Mudik Lebaran sebelum dilakukan diskon tarif.

Angka itu merupakan akumulasi volume lalu lintas dari total seluruh ruas yang dikelola oleh Hutama Karya di JTTS.

Hutama Karya terus mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang dipersyaratkan, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.

Segera beristirahat apabila merasa mengantuk di rest area terdekat serta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dimanapun berada.

Apabila pengguna jalan tol mengalami atau melihat tindak kejahatan yang ada di jalan tol maupun rest area agar segera melapor ke Call Centre masing-masing Cabang Tol.