BRK Syariah kampanyekan Gernas BBI dan BBWI bersama BMPD Riau

id brk riau.brk syariah

BRK Syariah kampanyekan Gernas BBI dan BBWI bersama BMPD Riau

Suasana saat BRK Syariah kampanyekan Gernas BBI dan BBWI bersama BMPD Riau. (ANTARA/HO-BRK)

Pekanbaru (ANTARA) - PT Bank Riau Kepri Syariah (Perseroda) atau yang akrab dengan sebutan BRK Syariah sangat komitmen dalam mengkampanyekan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

Hampir 90 persen insan BRK Syariah ikut berpartisipasi Dalam event sepeda santai yang digelar oleh Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Riau yang mengusung tema Melestarikan Budaya dan Warisan, Sabtu (18/3).

Direktur Utama BRK Syariah, Andi Buchari, Direktur Pembiayaan Tengkoe Irawan, Direktur Operasional Said Syamsuri, Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Fajar Restu Febriansyah juga terlihat mengikuti event sepeda santai yang diawali dari Bank Indonesia dan berakhir di Menara Bank Riau Kepri Syariah setelah melewati sejumlah jalan dan tempat wisata yang ada di Pekanbaru.

"Bank Riau Kepri Syariah sangat komitmen mendukung gerakan nasional BBI dan BWI ini. Kemarin kita juga sudah membuat work shop untuk pembinaan hingga pembiayaan bagi pelaku UMKM yang ada di Riau, dengan mengusung tema UMKM Naik Kelas. Kita menghadirkan Pembicara dari Universitas Riau dan juga Motivator sekaligus Ketua Asosisiasi Tata Boga Indonesia," ujar Andi Buchari.

Andi Buchari mengatakan UMKM diharapkan tidak hanya mampu menghasilkan produk yang baik dan berkualitas, nanti dari sisi lain juga perlu tertib administrasi dan persyaratan lainnya dalam hal upaya mendapatkan pembiayaan dari perbankan.

Sementara itu Kepala Bank Indonesia (BI) Riau yang juga Kepala BMPD Riau, Muhamad Nur dalam sambutannya di acara Sepeda Santai itu mengatakan kalau kegiatan ini bagian dari kegiatan untuk mendukung Gernas BBI dan BBI di Riau.

"Kita dari BMPD Riau terus mendukung program pemerintah yaitu Gernas BBI dan BWI, makanya tadi rute yang kita lalui, adalah tempat-tempat wisata di Pekanbaru seperti Pasar Wisata Pasar Bawah dan juga Rumah Tuan Kadi, di samping itu ada juga beberapa UMKM binaan Bank Riau Kepri Syariah," ujar M. Nur.

Dia cukup apresiasi dengan antusias peserta mengikuti sepeda santai tersebut. sekitar 580 peserta sepeda mengikuti rute yang sudah ditetapkan panitia diantaranya melintasi beberapa objek wisata dan tempat - tempat usaha.

Sementara itu, Gubernur Riau yang diwakilkan oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Riau, Syahrial Abdi menyambut baik kegiatan ini karena ini juga bagian dari kampanye Gernas BBI dan BWI.

"Pemprov dalam hal ini sangat mendukung program ini karena ini juga program nasional, disamping Gernas BBI dan BWI ini, akan ada lagi nanti kampanye Halal Fair pada saat ramadan," ujarnya.

Tak hanya Pemprov Riau dan juga kalangan perbankan, Syahrial Abdi juga meminta walikota dan bupati untuk ikut mendorong kegiatan Gernas BBI dan BWI ini agar target yang diinginkan bisa tercapai.

Senada dengan hal tersebut, Kepala OJK Riau, Muhamad Lutfi mengatakan kalau OJK selaku co-campaign manager juga mendukung Provinsi Riau dalam perannya menjadi salah satu tuan rumah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI- BBWI) bersama dengan sembilan Provinsi lainnya.

"Kita di OJK juga mengambil peran dengan menggelar kegiatan pelatihan bagi UMKM baik itu sifatnya online maupun offline, dan Senin nanti akan kita mulai," jelasnya.

Muhamad Lutfi berharap agar media bisa mendukung kegiatan ini agar bisa berjalan dengan suskes.

"Gernas BBI - BBWI ini bertujuan untuk menggerakkan roda perekonomian lokal dengan target secara keseluruhan terdapat 30 juta UMKM onboard, belanja PDN senilai Rp1.000 triliun, dan pendapatan pariwisata senilai Rp3.281,7 triliun," tutupnya.