Bupati harap warga Suku Banjar majukan Siak

id Bupati, Banjar, Siak

Bupati harap warga Suku Banjar majukan Siak

Bupati Siak, Alfedri (kanan) bersama Wali Kota Banjarmasin,  Provinsi Kalimantan Selatan selaku Datuk Mangku Negeri, Ibnu Sina. Wali Kota Banjarmasin hadir langsung ke Kabupaten Siak dalam pelantikan Pengurus Daerah Kerukunan Bubuhan Banjar (PD-KBB) Kabupaten Siak periode 2022-2027. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak, (ANTARA) - Bupati Siak Alfedri berharap warga Suku Banjar berperan dalam memajukan daerah setempat melalui Pengurus Daerah Kerukunan Bubuhan Banjar (PD-KBB) Kabupaten Siak periode 2022-2027 yang baru saja dilantik.

"Dengan adanya pengurus PD-KBB Kabupaten Siak, pastinya akan menjadi mitra dalam memajukan Kabupaten Siak ke depannya," kata Alfedri yang juga selaku Dewan Penasihat PD-KBB Kabupaten Siak periode 2022-2027 di Siak, Senin.

Pemkab setempat terus mendukung program-program yang akan dilaksanakan PD-KBB.Dia optimistis program tersebut akan membantu memajukan Kabupaten Siak di masa yang akan datang.

Pada pelantikan PD-KBB Kabupaten Siak yang menjadi ketua umum yakni Rustam Efendi. Pada kegiatan ini juga hadir langsung Wali Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan selaku Datuk Mangku Negeri, Ibnu Sina di Gedung Kesenian Kabupaten Siak.

Dia mengucapkan kebahagiaan karena hadir kembali di Kabupaten Siak. Pertama, dia hadir ketika penyerahan Piala Adipura oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di depan Istana Siak tahun 2016.

"Kami atas nama Pemerintah Kota Banjarmasin beserta masyarakat, mengucapkan terima kasih kepada Pak Bupati Siak Alfedri telah mengayomi Bubuhan Banjar yang ada di Kabupaten Siak. Semoga silaturahmi ini akan terus terjalin dengan harmonis," ucap Ibnu Sina.

Dia mengatakan pembentukan pengurus Bubuhan Banjar di daerah ini merupakan aspek budaya. Selain itu juga dalam rangka mengumpulkan Bubuhan Banjar Sedunia.

"Orang Banjar ternyata tidak kalah migrasinya dengan suku-suku lainnya, dengan dengan semangat kehidupan seperti air Sungai Barito yang meriaknya sampai ke seluruh muara," ujarnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua Komisi III DPRD Kalimantan SelatanRosehan Noor Bahri dan Pengurus Wilayah Kerukunan Bubuhan Banjar (PW-KBB) se-Provinsi Riau. Dari Siak hadir juga Wakil Bupati Siak Husni Merza, Sekretaris Daerah Kabupaten SiakArfan Usman, Wakil Ketua I DPRD SiakFairus Ramli, serta forum komunikasi pimpinan daerah setempat.