Tim Gakkum DLHK Pekanbaru razia warga buang sampah sembarangan

id Tim, Gakkum,DLHK, Pekanbaru, razia, warga, buang, sampah, sembarangan

Tim Gakkum DLHK Pekanbaru razia warga buang sampah sembarangan

Sebuah tumpukan sampah di Pasar Pagi Arengka Kota Pekanbaru belum lama ini. (ANTARA/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA) - Maraknya tumpukan sampah pada lahan kosong di Pekanbaru, membuat Tim Penegak Hukum (Gakkum) Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan (DLHK) melakukan razia, hasilnya beberapa warga kepergok membuang sampah sembarangan.

"Hari ini kami razia di tepi jalan menuju Labersa dan Arengka dua, kami pergoki masyarakat membuang sampah langsung kami tangkap," kata Kepala Dinas DLHK Pekanbaru melalui Kabid Tata Lingkungan dan Gakkum, Rezatul Helmi di Pekanbaru, Kamis.

Rezatul mengatakan warga yang kepergok langsung diberikan teguran dan sanksi untuk efek jera.

"Sanksi administratif dan membuat surat pernyataan untuk tidak mengulanginya lagi," katanya.

Diperoleh informasi, lanjut dia menjelaskan pelaku pembuang sampah sembarangan ini rata-rata pengumpul sampah mandiri dari perumahan yang diangkut dengan mobil bak terbuka.

"Mereka mengaku melakukan kegiatan ini secara mandiri mengutip sampah warga lalu, membuangnya sembarangan inilah yang membuat sampah berserakan, kami sudah tegur sebagai peringatan pertama, " Jelas Reza lagi.

Reza juga menegaskan bahwa kegiatan razia pembuang sampah sembarangan ini akan terus di tingkatkan untuk menciptakan Pekanbaru bersih bebas dari tumpukan sampah.

DLHK menurunkan 20 petugas untuk menertibkan pembuang sampah sembarangan. Untuk itu, ia mengimbau agar warga masyarakat ikut melaporkan jika ada pengangkut sampah dan membuangnya sembarangan.

"Bagi pelaku yang kedapatan ataupun tertangkap akan diberi sanksi tegas hingga denda Rp5 juta," katanya mengakhiri.