Harga Cabai Merah Di Dumai Rp70 Ribu

id harga cabai, merah di, dumai rp70 ribu

Dumai, Riau, (antarariau.com) - Harga cabai merah di pasaran kota Dumai, Provinsi Riau, Minggu, naik tajam hingga mencapai Rp70 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp50 ribu per kilogram.

"Harganya luar biasa sekarang hingga Rp70 ribu, padahal kemarin sudah naik juga sampai Rp50 ribu per kilogram," kata Devi Herawati, ibu rumah tangga di Jalan Jenderal Sudirman, Dumai, Minggu.

Menurutnya, harga kebutuhan bahan pokok masyarakat dalam beberapa hari terakhir ini terus menerus naik tanpa terkendali dan semakin mencekik rakyat ekonomi menengah ke bawah.

Diakuinya, akibat semakin melejitnya harga cabai merah ini membuat kemampuan daya beli berkurang karena mesti membeli kebutuhan penting lainnya, seperti beras dan keperluan rumah tangga lainnya.

"Di mana-mana semua harga naik, padahal kita tak lama lagi puasa dan menyekolahkan anak. Kalau harga begini terus, bisa kacau keuangan karena daya beli menurun," ungkap Devi.

Ayang, warga Dumai lainnya juga mengeluhkan naiknya harga cabai merah dan diperparah lagi dengan bawang merah yang kini sudah menembus ke Rp50 ribu per kilogram dari Rp44 ribu.

"Bawang merah juga naik gila-gilaan, aduh mau makan apalagi ni, semua barang harganya naik," kata Ayang.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Dumai tidak menampik adanya kenaikan sejumlah bahan pokok seperti cabai dan bawang merah yang kebanyakan didatangkan dari daerah Bukit Tinggi dan Medan.

Kadisperindag Dumai Jamalus menjelaskan, naiknya harga kebutuhan bahan pokok ini pengaruh dari kenaikan harga BBM bersubsidi sehingga distributor dari daerah pemasok sudah menaikkan harga transportasi.

"Jika sudah terjadi kelangkaan dan harga melambung tinggi, kita akan laksanakan operasi pasar dan inspeksi mendadak," kata Jamalus kepada pers di Dumai.