Apical peringkat 2 SPOTT 2021

id apical, spot, spot 2021

Apical peringkat 2 SPOTT 2021

Salah satu pabrik minyak sawit (crude palm oil/CPO) di Sumatera. (ANTARA/Iggoy el Fitra)

Pekanbaru (ANTARA) - Apical Group, salah satu eksportir minyak sawit terbesar di Indonesia, yang memiliki dan mengendalikan rantai nilai bisnis minyak sawit mulai dari sumber hingga distribusi, menempati peringkat ke dua sebagai salah satu perusahaan minyak sawit paling transparan secara global dalam Penilaian SPOTT (Sustainable Palm Oil Transparency Toolkit) tahun 2021.

"Tahun sebelumnya kita peringkat ke delapan dari 100 perusahaan yang dinilai," Direktur Keberlanjutan Apical Group Bremen Young dalam pernyataannya yang diterima di Pekanbaru, Selasa.

Dia mengatakan Apical tetap berdedikasi untuk memastikan praktik berkelanjutan diterapkan di seluruh rantai nilai produksi minyak sawit, mulai dari budidaya hingga konsumsi.

Dia mengatakan, sebagai bagian dari komitmen terhadap transparansi, pihaknya telah berpartisipasi dalam penilaian SPOTT, sebuah kerangka kerja yang dikembangkan oleh ZSL (Zoological Society of London) sejak 2019.

"Skor terbaru kami mencerminkan inisiatif proaktif dan penekanan yang telah kami tempatkan pada tiga pilar lingkungan, sosial dan tata kelola (ESG)," lanjut Yong.

Penilaian yang berlangsung selama 12 bulan tersebut mengevaluasi produsen, pengolah, dan pedagang minyak sawit atas pengungkapan publik mereka mengenai organisasi, kebijakan, dan praktik mereka terkait dengan isu-isu LST.

Di antara 100 perusahaan sawit yang dinilai, Apical mendapat skor 89,4 persen atau meningkat 8,36 persen dari skor tahun 2020 sebesar 82,5 persen. "Skor tahun 2021 yang sebesar 89,4 persen juga jauh lebih tinggi dari rata-rata industri yang sebesar 42,7 persen," katanya.

Perusahaan yang dinilai pada SPOTT diberi peringkat sesuai dengan skor SPOTT mereka secara keseluruhan. Skor juga dipecah lebih lanjut menjadi tiga jenis pengungkapan yakni organisasi, kebijakan, dan praktik.

Sebanyak 182 indikator penilaian tersebar di 10 kategori digunakan dalam penilaian skor SPOTT untuk produsen, pengolah dan pedagang kelapa sawit.

Adapun 10 kategori tersebut adalah Kebijakan dan kepemimpinan berkelanjutan, Emisi gambut, kebakaran dan GRK, Landbank, peta, ketelusuran, Pengelolaan air, kimia dan hama, serta Standar sertifikasi.

Selanjutnya Hak masyarakat, tanah dan tenaga kerja, Deforestasi dan keanekaragaman hayati, Petani kecil dan pemasok, NKT, SKT dan penilaian dampak, serta Tata Kelola dan Keluhan.

"Apical menyadari pentingnya SPOTT sebagai platform untuk mempromosikan transparansi dan akuntabilitas industri untuk mendorong penerapan praktik terbaik sosial dan lingkungan, terutama di sektor dengan dampak keanekaragaman hayati yang tinggi," tambah Bremen Yong.

Ini adalah tahun ketiga berturut-turut Apical Group masuk dalam 11 besar perusahaan kelapa sawit global, berdasarkan transparansi dan komitmen manajemen terhadap ESG.