NU dan Muhammadiyah kompak kampanyekan pemakaian masker

id nahdlatul ulama,muhammdiyah,kampanye pakai masker,protokol kesehatan

NU dan Muhammadiyah kompak kampanyekan pemakaian masker

Ketua PCNU Surabaya Muhibbin Zuhri memberikan sambutan di acara kampanye pemakaian masker yang digelar Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah di Kota Surabaya, Minggu (27/9/2020). (ANTARA/HO PD Muhammadiyah Surabaya)

Surabaya (ANTARA) - Organisasi Islam besar di Tanah Air Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah melakukan kampanye untuk menggerakkan warga memakai masker dan menaati protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19 dalam acara gowes bareng di Kota Surabaya, Minggu.

"Kita tidak hanya bergantung kepada pemerintah saja dalam penanganan COVID-19. Ormas Islam NU dan Muhammadiyah harus punya peran yang besar menyadarkan masyarakat khususnya dalam pemakaian masker, cuci tangan, dan jaga jarak," kataKetua Pengurus DaerahMuhammadiyah Kota Surabaya Mahsun.

Rute kegiatan bersepeda bersama Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyahdimulai dari Kantor PCNU Surabaya Jalan Bubutan menuju Jalan Tunjungan, Grahadi, Yos Sudarso, Kantor Muhammadiyah, Taman Surya, sampaiPolrestabes Kota Surabaya.

Pengurus dan anggota NU danMuhammadiyah Kota Surabayayang mengikuti kegiatan tersebut menjalankanprotokol kesehatan, termasuk di antaranya memakai masker dan menjaga jarak dengan orang lain.

Ketua Pengurus Cabang NUSurabaya Muhibbin Zuhriberharap kegiatan bersama dengan Muhammadiyahtersebut bisa menjadi kegiatan rutin.

Ia lantas menuturkanmengenai persaudaraan dua tokoh besar NU dan Muhammadiyah,yakni tokoh NU Sayid Alwi Abdul Aziz al-Zamadghon atau Kiai Mas Alwidan tokoh MuhammadiyahKH Mas Mansyur.