Harga Cabai Merah Di Dumai Anjlok

id harga cabai, merah di, dumai anjlok

Dumai, 25/7 (ANTARA) - Harga cabai merah dalam negeri yang diecerkan sejumlah pedagang di pasar-pasar tradisional Kota Dumai, Riau, sejak sepekan terakhir terus anjlok dari Rp24 ribu ke Rp20 ribu dan kini hanya Rp16 ribu perkilogram.

Pengakuan pedagang pengecer cabai di Dumai, Senin, mengungkapkan, anjoknya harga cabai merah disebabkan pasokan yang kian berlimpah sementara permintaan masih normal.

"Kondisi tersebut sangat mempengaruhi menurunnya harga cabai," kata Hendra, pedagang cabai di pasar tradisional Dock Dumai.

Pedagang lainnya di pasar yang sama, Juned, mengungkapkan, anjloknya harga cabai merah sudah terjadi sejak sepekan terakhir.

"Tapi kondisi ini tidak akan bertahan lama karena bulan puasa sudah mulai dekat," katanya.

Diakui pedagang, selain cabai merah, pemerosotan harga juga terjadi pada cabai hijau atau cabai muda yakni dari Rp20 ribu di pekan sebelumnya saat ini menjadi Rp14 ribu/kg.

"Begitu juga dengan cabai rawit atau cabai kutu, dari Rp27 ribu saat ini bergeser turun jadi Rp23 ribu/kg," kata Saleh, pedagang di Pasar Pulau Payung Dumai.

Selain berbagai jenis cabai, untuk bahan kebutuhan pokok lain khususnya sayuran masih cendrung normal.

Untuk wortel banyak pedagang menjualnya dengan harga relatif stabil yakni Rp6.000/kg, tomat Rp4.000, kacang buncis Rp5.000/kg dan toge Rp8.000/kg.

Sementara itu, harga sayuran lokal seperti kangkung, bayam, kacang panjang, pucuk ubi, dan lainnya kebanyakan pedagang masih menjual dikisaran harga Rp1.000 hingga Rp2.000/ikat.