Ini tips pasien sembuh corona

id pasien corona, lawan corona, covid-19, pasien corona sembuh,rspi sulianti saroso, jakarta utara,penanganan corona,virus

Ini tips pasien sembuh corona

Tiga pasien dinyatakan positif Virus Corona COVID-19 yakni 01,02 dan 03 memberikan keterangan pers setelah dibolehkan pulang dari RSPI Sulianto Saroso, Jakarta Selatan, Senin (16/3/2020). (ANTARA/HO-RSPI Sulianti Saroso)

Jakarta (ANTARA) - Pasien dinyatakan positif terjangkit virus corona(COVID-19) membagikan tips untuk sembuh dari pandemi global tersebut dengan cara mendisiplinkan diri minum air putih yang banyak.

"Jadi kita punya kekuatan dari dalam diri kita untuk menyembuhkan, asalkan kita disiplin minum air putih yang banyak," kata pasien 03 yang dinyatakan sembuh dari COVID-19 dalam konferensi pers di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Senin.

Selain disiplin minum air putih, menerapkan pola hidup sehat seperti istirahat yang benar serta asupan gizi, sayuran dan vitamin juga perlu dilakukan agar tubuh tetap fit.

"Jaga imun sistem, dan laksanakan personal 'hygiene' yang ketat rajin mencuci tangan dan dengarkan saran dari pemerintah," katanya.

Pasien 03 masih kerabat dari pasien 01 dan 02 yang dinyatakan positif corona pada 2 Maret 2020 oleh Presiden Joko Widodo.

Menurut pasien 03, jika saat ini pemerintah menyarankan agar masyarakat melakukan pembatasan sosial sementara untuk mencegah penyebaran COVID-19, hendaknya dilakukan sebaik mungkin.

Ia juga mengingatkan bahwa, bagi pasien positif corona yang tidak disertai tanda-tanda gejala apapun terkait pandemi global tersebut lebih berbahaya karena tanpa disadari telah menularkan kepada orang lain.

Oleh karena itu ia mengimbau kewaspadaan masyarakat untuk menjaga diri dan orang lain dari penularan virus tersebut saat beraktivitas.

"Kasus saya yang dinyatakan positif tapi tidak memiliki tanda-tanda apapun itu sebenarnya lebih berbahaya karena kita melakukan aktivitas seperti biasa dan bisa menularkan ke orang yang imunnya dan kesehatannya lebih lemah dari kita. Itu akan berefeknya lebih parah," kata pasien 03.

Sebelumnya diberitakan lima pasien yang sempat positif terinfeksi virus corona (COVID-19) sudah dinyatakan negatif dan dipulangkan pihak Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso.

"(Pasien) 01,02,03 sudah pulang ya. Kemudian juga (pasien) 10 dan 11 sudah pulang," ujar Direktur RSPI Sulianti Saroso Mohammad Syahril di Jakarta, Senin.

Syahril menyebutkan akan ada lagi dua pasien positif COVID-19 yang dipulangkan setelah selesai menjalani pemeriksaan kedua yakni pasien nomor 23 dan pasien nomor 27.

Total dari keseluruhan pasien yang diisolasi terkait COVID-19 di RSPI Sulianti Saroso berjumlah 48 orang, dengan rincian 33 orang pasien dalam pengawasan, 12 orang terkonfirmasi positif dan meninggal tiga orang.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar