BOB PT BSP-Pertamina Hulu resmikan kawasan hijau dan olahraga Kampung Dayun

id bumi siak pusako, pertamina, poertamina siak

BOB PT BSP-Pertamina Hulu resmikan kawasan hijau dan olahraga Kampung Dayun

Bupati Siak, Alfedri bersama jajaran BOB PT BSP-Pertamina Hulu melakukan penandatanganan peresmian Kawasan Hijau dan Olahraga Kampung Dayun. (ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Badan Operasi Bersama PT Bumi Siak Pusako-Pertamina Hulu meresmikankawasan hijau dan olahraga di Kampung Dayun, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak untuk menunjang wisata Taman Nasional Danau Zamrud.

"Ini merupakan kasawan penghijauan yang ada unsur pertamanan, sarana olahraga dan perairan untuk tempat berkumpulnya masyarakat," kata Senior Operating Manager, Darmapala ketika meresmikannya di Dayun, Kamis.

Dikatakannya pembuatan kawasan tersebut dimulai dari diskusi kecil dengan penghulu kepala desa di Kampung Dayun. Kemudian bersepakat bersinergi kemudian dapat dukungan Forum CSR (tanggungjawab sosial perusahaan) dan juga pihak kecamatan.

Selanjutnya dimulai pada tahun 2018 dengan pembangunan sarana olahraga dan pada 2019 dilanjutkan dengan fasilitas listrik. Pada tahun 2020 lanjutnya sudah ada konsep wisata untuk menunjang Taman Nasional Danau Zamrud.

"Sudah ada konsep wisata dan embung terpadu yang dikelola badan usaha milik kampung. Ini suatu terobosan dan inovasi pertama di Riau antara pemerintah kampung dan perusahaan," ungkapnya.

Dia menyampaikan BOB PT BSP-Pertamina Hulu mengelola Blok Coastal Pekanbaru Plain (CPP) di sejumlah kabupaten di Riau. Di Siak beroperasi di Kecamatan Dayun dan Sabak Auh serta di luar Siak di Bengkalis dan Kampar dengan produksi 10.600 barrel per hari.

Eksternal Relation Manager PT BSP, Nazaruddin menambahkan bahwa kawasan ini luasnya 2,4 hektare. Di dalamnya ada taman, gazebo, "jogging track", lapangan sepakbola futsal, dan lapangan olahraga lain multifungsi baik untuk voli maupun badminton hingga sepak takraw.

"Ini sebuah program tak terpisahkan, terkait pengembangan Taman Nasional Danau Zamrud jadi lokasi wisata. Pengunjung tak langsung ke sana, tapi ke sini dulu karena ke sana masuknya dengan izin khusus," ujarnya.

Bupati Siak, Alfedri yang juga turut meresmikan mengapresiasi BOB PT BSP-PT Pertamina Hulu berbagi anggaran dana tanggungjawab sosial perusahaannya dengan pemerintah kampung."Jadi ini dari dana desa dua tahun anggaran untuk produk unggulan kawasan desa," sebutnya.

Baca juga: Lahan gambut di sekitar sumur minyak BOB BSP di Siak terbakar, begini penanganannya

Baca juga: Empat maling minyak dari pipa PT BSP dibekuk Polres Siak


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar