Satgas Karhutla Dumai padamkan 2 titik api saat daerah lain hujan, begini penjelasannya

id karhutla dumai,bpbd dumai,satgas karhutla dumai,karhutla,berita riau antara,berita riau terbaru

Satgas Karhutla Dumai padamkan 2 titik api saat daerah lain hujan, begini penjelasannya

Arsip foto. Dua petugas Manggala Agni Daops Dumai berjibaku melawan Karhutla (ANTARA/Anggi Romadhoni)

Dumai (ANTARA) - Satgas pemadam kebakaran hutan dan lahan di Kota Dumaimulai berjibaku melakukan pemadaman dua titik api yang terpantau di Kelurahan Purnama dan Pangkalan Sesai Kecamatan Dumai Barat, Selasa.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Dumai Afrilagan menyebut, tim satgas BPBD dan TNI Polri padamkan titik api di Gang Putri Kelurahan Purnama seluas setengah hektare dan Jalan RingRut (Pelabuhan Roro) Kelurahan Pangkalan Sesai Kecamatan Dumai Barat 1 hektare.

"Sudah turun tim Satgas Karhutla Dumai melakukan pemadaman dan pendinginan di dua lokasi kebakaran lahan gambut milik masyarakat," kata Afrilagan, Selasa.

Dijelaskan, operasi pemadaman sudah dilakukan dalam dua hari ini, dan kondisi terakhir titik api di lahan semak belukar itu sedang tahap pendinginan lanjutan.

Personel Satgas Karhutla di lokasi Kelurahan Purnama terdiri Regu BPBD 5 orang, Koramil 01 dan Babinsa 3 orang, Polres dan Babinkamtibmas 3 orang dan Regdam Kecamatan Dumai Barat bersama Kelurahan Purnama 3 personil.

Sarana prasarana digunakan untuk pemadaman dan pendinginan 1 unit mobil Comando D Max BPBD Kota Dumai, 5 unit sepeda motor dan 2 unit mesin portabel ministriker.

Sedangkan pemadaman di Kelurahan Pangkalan Sesai ditangani personel BPBD dan Damkar 11 orang, Koramil dan Babinsa 5 orang, 1 polisi, 4 Regdam Kecamatan Dumai Barat Kelurahan Purnama, Manggala Agni 7 orang, Regdam Dinas Pertanian 4 dan Tim Fire PT Patra Dock (Pertamina) 8 personel.

Untuk Sarpras yang diturunkan, 1 Mobil Pickup, 1 Mobil Suplay BPBD, 1 Mobil Fire Suplay Damkar Dumai, 1 Fire Suplay PT Patra Dock Pertamina, 1 Mobil Angkut Strada Manggala Agni, 6 sepeda motor, 1 unit Kaisar Regdam Dinas Pertanian dan 1 Unit Portabel Mark III Manggala Agni serta 2 unit mesin portabel ministriker

"Kondisi lahan terbakar di Jalan Ringrut merupakan semak belukar dengan jenis tanah liat, dan untuk pemadaman kita menggunakan sumber air yang tersedia di parit atau embung di lokasi sekitar," ungkapnya.

Baca juga: Gubernur Riau sambut komitmen Apkasindo bantu atasi Karhutla

Baca juga: Wow, Nilai ganti rugi gugatan karhutla Rp315 triliun
Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar