Adik Marc Marcquez, Alex Marquez juara dunia Moto2

id moto2,alex marquez,brad binder,thomas luthi,marc marquez

Adik Marc Marcquez, Alex Marquez juara dunia Moto2

Pebalap tim Marc VDS Alex Marquez melakukan selebrasi setelah menjuarai Grand Prix Austria (11/8/2019). (ANTARA/AFP/Vladimir Simicek)

Jakarta (ANTARA) - Pebalap Spanyol Alex Marquez dari tim Marc VDS mengunci gelar juara dunia Moto2 meski finis runner-up di Grand Prix Malaysia, Minggu.

Brad Binder (KTM Ajo) tampil impresif dari posisi start ketiga hingga juara di Sirkuit Sepang, namun hasil itu tak mampu menghentikan adik dari juara dunia Marc Marquez itu meraih mahkota juara dunia Moto2.

Dengan lima kemenangan dan 10 finis podium musim ini, Marquez tak terkejar lagi di pucuk klasemen setelah unggul 28 poin dari rival terdekatnya, Binder dengan satu balapan tersisa, demikian laman resmi MotoGP.

Binder, asal Afrika Selatan, menggeser Thomas Luthi ke peringkat tiga klasemen dengan selisih empat poin setelah sang pebalap asal Swiss itu finis di peringkat tiga di Malaysia.

Binder, yang akan hijrah ke MotoGP tahun depan bersama KTM, dan Luthi masih berpeluang memperebutkan peringkat runner-up klasemen ketika seri terakhir menyambangi Valencia pada 17 November.

Dua gelar juara dunia telah diraih Marquez, salah satunya di kelas Moto3 pada 2014.

Namun Marquez belum akan naik ke kasta MotoGP dan masih akan membalap di Moto2 setelah menandatangani kontrak baru dengan Marc VDS hingga 2020.

Pebalap berusia 23 tahun itu harus menunggu paling tidak satu musim lagi untuk bisa bertarung dengan sang kakak di kelar premier.

Baca juga: Moto GP - Dovizioso jelaskan kondisinya saat kehilangan ingatan di Silverstone

Baca juga: Begini kisah pebalap Afridza Syah yang meninggal di Malaysia