Sinar Mas bentuk desa Makmur Peduli Api

id sinar mas,karhutla

Sinar Mas bentuk desa Makmur Peduli Api

Petugas Manggala Agni Daops Pekanbaru menyemprotkan air ke lahan gambut yang terbakar di Desa Karya Indah, Kabupaten Kampar, Riau, Rabu (3/4/2019). (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)

Bengkalis (ANTARA) - Untuk menjaga kelestarian Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Bukit Batu (CB GSK BB) Kabupaten Bengkalis Riau, APP Sinarmas melaksanakan sejumlah program dengan membentuk desa Makmur Peduli Api dan stasiun riset.

Head of Landscape Conservation Sustainability and Stakeholder Engagement APP Sinarmas Dr. Dolly Priatna mengatakan setidaknya 50 desa di sekitar CB GSK BB sudah mengimplementasikan program tersebut, dimana petani membuka lahan tanpa membakar.

"Bagaimana kita mencegah kebakaran hutan itu misalnya membuat program program desa makmur peduli api. Yang mana sudah lebih dari 50 desa sudah kita kembangkan supaya mereka tidak bertani dengan cara membakar. Itu untuk menjaga kelestarian di sana," ujar Dolly Pranata dalam forum CB GEK-BB di Bengkalis, Senin.

Kemudian dari sisi riset, Sinarmas bersama sama dengan MAB UNESCO akan melakukan peresmian stasiun riset. Stasiun riset ini bisa digunakan untuk fasilitas para peneliti lokal nasional maupun internasional.

"Kenapa kita mendirikan ini karena para peneliti baik itu mahasiswa, dosen dan universitas lokal dan asing datang ke GSK untuk melakukan penelitian tetapi tidak ada sarana prasarana," kata Dolly didampingi Manager Conservasi Supriatno dan Public Relations Nurul Huda

Baca juga: Polisi selidiki Karhutla Riau di konsesi perusahaan sawit di Pelalawan

Kemudian program lain sebagai komitmen, Sinarmas mendukung cagar biosfer ini dengan membuat program deteksi dini kegiatan-kegiatan terlarang seperti ilegal logging, pembakaran lahan dan lain sebagainya.

Eksistensi Cagar Biosfer GSK-BB merupakan Cagar Biosfer ke 7 Indonesia yang ditetapkan oleh UNESCO pada Tahun 2009.

Tujuan penetapan tersebut untuk penyeimbangan peningkatan pembangunan sosial ekonomi dan pemeliharaan nilai-nilai yang terkait budaya masyarakat dengan pelestarian keanekaragaman hayati.

Baca juga: Helikopter Super Puma Bantu Pemadaman Karhutla Bengkalis

Baca juga: Karhutla Riau, Jikalahari kecewa Polda tak tetapkan korporasi tersangka


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar