Petani Dan Babinsa Kandis Gelar Panen Perdana Padi Program Upsus

id petani dan, babinsa kandis, gelar panen, perdana padi, program upsus

Petani Dan Babinsa Kandis Gelar Panen Perdana Padi Program Upsus

Pasir Pangaraian (Antarariau.com) - Danramil 10/Kandis Kapten Czi Sudarmaji beserta jajarannya dan Kelompok Tani Mandiri melakukan panen perdana padi Gogo seluas lima hektare di Dusun Sungai Kuti Kelurahan Kotalama Kecamatan Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu, Riau.

"Dengan adanya pendampingan oleh Babinsa dan Petugas Penyuluh Lapangan kepada kelompok tani hasil panen semakin baik, sehingga kesejahteraan para petani dapat meningkat," kata Danramil 10/Kandis Kapten Czi Sudarmaji lewat surat elektroniknya kepada antara di Kandis, Selasa.

Kapten Czi Sudarmaji mengemukakan keikutsertaan Danramil beserta anggota Koramil 10/Kandis, Kepala Unit Pelaksana Tekni Daerah Pertanian dan PPL merupakan wujud tanggung jawab dalam rangka melaksanakan pendampingan dan pengawalan kegiatan Upaya Khusus (Upsus) peningkatan swasembada pangan dan ketahanan Pangan di Kabupaten Rokan Hulu. Khususnya di Kecamatan Kunto Darussalam.

Ia menjelaskan luasan lahan padi Gogo yang kini dimiliki Kelompok Tani Mandiri Kandis mencapai 70 hektare.

Diawal musim tanam kemaren sekitar Oktober - November sudah dilakukan penanaman.

"Kini mulai ada yang panen, Untuk jenis padi Gogo tahap pertama luasnya lima hektare," urainya.

Program pemerintah ini dalam rangka meningkatkan swasembada pangan dan ketahanan pangan serta pencapaian target Luas Tambah Lahan (LTT) di Rohul.

"Makanya perlu pendampingan oleh PPL pertanian dan Para Babinsa agar para petani terbantu untuk meningkatkan hasil produksi panen khususnya komoditi Padi, Jagung dan Kedelai (Pajale)," tutur Danramil.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Mandiri Sugito menyampaikan ucapan syukurnya. Mereka sangat senang dengan adanya pendampingan dan pengawalan yang dilakukan para Babinsa dan PPL.

Karena kapanpun, dimanapun siap terjun langsung di lapangan untuk membantu para petani, memberikan penyuluhan serta bimbingan dan memberikan solusi terhadap kendala/kesulitan yang dialami para petani.

"Semoga hasil panen kali ini menambah perekonomian dan kesejahteraan para petani," katanya singkat.