Perairan Tanjung Saruri Mulai Dilirik Peselancar

id perairan tanjung saruri mulai dilirik peselancar

Perairan Tanjung Saruri Mulai Dilirik Peselancar

Biak (Antarariau.com) - Perairan Tanjung Saruri yang berada di bibir lautan Pasifik, pantai utara Kabupaten Biak Numfor, Papua layak menjadi destinasi wisata bahari olahraga selancar (surfing).

Kepala Dinas Pariwisata Yubelius Usior di Biak, Selasa mengatakan lokasi Tanjung Saruri diharapkan menjadi destinasi wisata bahari unggulan Biak karena sudah dibangun fasilitas pariwisata.

"Dengan dukungan dana APBD Dinas Pariwisata membangun fasilitas penginapan dan taman bermain bagi pengunjung di area Tanung Saruri untuk menikmati keindahan alam laut setempat," ungkap Kadis Pariwisata Yubelius.

Dinas Pariwisata, lanjut Yubelius, terus mempromosikan keindahan objek wisata Tanjung saruri pulau Biak sebagai tempat terindah bagi pecinta selancar karena dikenal memiliki ombak tinggi.

Disinggung mengenai pengelolaan objek wisata Tanjung Saruri, Yubelius mengatakan, hingga saat ini masih dikelola masyarakat setempat sebagai pemilik hak ulayat.

Untuk program ke depan, lanjut Yubelius, pengelolaan fasilitas objek wisata di Kabupaten Biak Numfor akan dilakukan secara profesional sehingga mendatangkan pendapatan retribusi buat kabupaten.

"Di tahun 2017 Dinas Pariwisata akan membenahi fasilitas pariwisata di Biak Numfor dengan dukungan dana Kementerian Pariwisata hingga Rp1 miliar lebih," ujarnya.

Sarana yang akan dibangun, menurut Yubelius, adalah pusat informasi pariwisata, jalan di lokasi wisata Telaga Biru Samares distrik Biak Timur, jamban di kampung Sanumi dan distrik Bondifuar.

Berdasarkan data kunjungan wisata ke lokasi wisata bahari Tanjung Saruri setiap Sabtu dan Minggu mulai meningkat hingga puluhan wisatawan lokal.