Tips Menarik Menikmati Akhir Pekan

id tips menarik, menikmati akhir pekan

Tips Menarik Menikmati Akhir Pekan

Pekanbaru (Antarariau.com)- Akhir pekan merupakan saat yang tepat untuk menhabiskan waktu bersama keluarga. Sekedar bersantai dirumah, atau mungkin anda telah mempunya beberapa rencana mengabiskan akhir pekan bersama orang terdekat. Bagi kebanyakan orang, akhir pekan juga menjadi ajang untuk menikmati hidup. Setelah disibukkan dengan rutinitas pekerjaan, akhir pekan seolah menjadi penyelamat serta pemberi semangat baru untuk pekan kedepannya.

Bagi sebagian orang, libur akhir pekan dilakukan dengan berbagai cara. Beberapa diantaranya seperti melakukan perjalan kesuatu tempat, berkumpul dengan teman yang memiliki hobi yang sama, atau sekedar menikmati waktu berharga anda dirumah bersama keluarga.

Untuk kali ini, kami akan memberikan tips untuk anda yang ingin menikmati libur akhir pekan dengan melakukan perjalanan.

1. Rencanakan sejak awal minggu

Setiap liburan sempurna pasti membutuhkan perencanaan yang matang. Rancanglah dari sejak awal minggu bersama dengan partner liburan. Mulailah mencari segala informasi tentang mau kemana saja Anda waktu liburan akhir pekan. Pastikan destinasi tersebut bisa dijangkau dengan waktu tempuh yang sesuai. Jangan sampai jarak satu destinasi ke destinasi lain terlampau jauh sehingga waktu habis di jalan.

Perencanaan yang matang juga diperlukan untuk menghitung budget, alias anggaran untuk kegiatan liburan. Bagilah pengeluaran sesuai dengan posnya masing-masing, akomodasi, transportasi, makan, biaya lain-lain, hingga jangan lupakan anggaran untuk beli oleh-oleh. Liburan sempurna juga butuh perencanaan bukan?

2. Cari informasi wisata

Sebelum berangkat liburan, pastikan juga untuk mencari informasi terlebih dahulu tentang destinasi wisata yang hendak anda datangi. Di era teknologi informasi sedemikian canggih ini, pasti bertebaran info tentang tempat wisata yang kalian inginkan.

Tinggal googling saja sesuai dengan kebutuhan atau baca detikTravel. Tidak hanya soal harga tiket masuk dan jam buka, informasi yang dicari termasuk aneka fasilitas dan keunggulan destinasi wisata yang kita datangi.

3. Datangi tempat baru

Jangan datangi tempat wisata yang itu-itu saja. Cobalah satu destinasi baru yang belum pernah traveler kunjungi sebelumnya. Jika perlu, buatlah daftar destinasi yang ingin Anda kunjungi dan sudah Anda kunjungi, agar satu saat nanti semua destinasi yang ada di dalam daftar destinasi impian bisa terpenuhi.

4. Datang lebih awal

Jika memang berencana menghabiskan libur akhir pekan apalagi sampai ke luar kota anda sebaiknya datang lebih awal. Ingat, ada ribuan orang lain yang juga mau liburan akhir pekan seperti Anda.

Usahakan sudah berangkat dari kota asal pada hari Jumat sore atau Sabtu sepagi mungkin. Sehingga, anda masih punya banyak waktu untuk menikmati liburan.

Datang lebih awal juga berarti kita masih punya sedikit jeda waktu untuk memastikan semuanya sesuai dengan apa yang sudaj kita rencanakan. Update kembali informasi dengan petugas hotel atau telpon ke petugas yang berjaga di destinasi tujuan untuk lebih memastikan.

4. Cek ramalan cuaca

Terakhir, dengan kondisi cuaca yang sedang labil seperti beberapa bulan belakangan, traveler wajib untuk selalu update dengan perkembangan berita cuaca terkini. Apakah cuaca hujan, cerah atau bahkan mendung. Selalu pantau, dan simak juga ramalan cuaca yang kerap dikeluarkan oleh BMKG.

5. Bawa barang-barang penting

Uang tunai, pakaian secukupnya, obat-obatan pribadi, dan paspor atau kartu kredit (bila berlibur ke luar negeri) adalah hal-hal yang pasti kita perlukan sebelum berangkat. Selama barang-barang ini sudah masuk tas, Anda tak perlu khawatir lagi karena barang lainnya bisa dibeli di perjalanan.

Kantung plastik

6. Kantung plastik

Benda yang satu ini banyak terdapat di rumah dan kadang sering dianggap sepele. Namun Anda akan membutuhkannya saat akan traveling karena kantung plastik bisa berguna untuk menyimpan berbagai benda, mulai dari aksesori, alat mandi, sampai baju kotor.