Wagub Minta Unri Makin Eksis

id wagub, minta unri, makin eksis

 Wagub Minta Unri Makin Eksis

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Wakil Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman saat memberikan sambutan pada kegiatan wisuda Unri, berharap institusi pendidikan di Riau itu agar semakin eksis dan diperhitungkan di bidang pendidikan baik skala regional maupun nasional.

Disela pidatonya Wagub yang akrab dipanggil Andi Rachman itu mengingatkan, Unri agar bisa meningkatkan sarana dan pasarana lebih representatif. Tujuannnya bisa bersaing dengan Universitas lainnya. Meskipun terbatas, Andi mengapresiasi kemampuan Unri menghasilkan ribuan lulusan.

"Walaupun dengan keterbatasan infrastruktur, Unri bisa menghasilkan 63 ribu lebih wisudawan. Ini kerja keras juga bagi Unri," katanya.

Dihadapan alumni, dia berharap Unri terus meningkatkan kualitas pendidikan sehingga lulusan menjadi pelopor pembangunan.

Rektor Unri, Aras Mulyadi menuturkan, dibaginya jadwal wisuda menjadi lima hari karena keterbatasan ruang dimiliki universitas. Hingga saat ini, Unri belum memiliki gedung representatif yang sanggup menampung ribuan orang. Gedung yang ada hanya sanggup menampung maksimal 700 orang.

"Jumlah wisudawan kali ini jumlahnya 3.271. Sementara kapasitas ruangan hanya 700 maksimal. Atas dasar itu wisuda kita bagi lima," katanya.

Unri,lanjut Aras, sudah mulai mengembangan audiotorium di kampus Panam. Kapasitasnya sanggup menampung 5.000 orang. Namun pembangunan terbengkalai akibat masalah lahan.

Meskipun terbuka kesempatan menggunakan gedung luas berkapasitas besar, diakui Aras, Unri masih mengoptimalkan sarana kampus.

Alasannya agar kegiatan di kampus selalu hidup. Wisuda kali ini diikuti 11 Fakultas. Jumlah tertinggi diikuti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 682 orang dan Fakultas Ekonomi 612 lulusan. Untuk wisudawan pascasarjana, 187 wisudawan.

"Sejak tahun 1962 hingga sekarang Universitas Riau telah menghasilkan 69.263 lulusan," katanya.

Pertumbuhan jumlah mahasiswa 2006-2010, sekitar 20 persen tiap tahun. Namun hingga 2017 pertumbuhan mahasiswa meningkat mencapai 138 persen. Kualitas dan mutu program studi, lanjut Aras, juga mengalami peningkatan.

saat ini prodi mendapatkan akreditasi mencapai 73 program studi. Enam persen diantaranya sudah akreditasi A, 43 persen B dan 38 persen C. Sepuluh program studi lainnya masih proses pengajuan akreditasi. Untuk akreditasi institusi Unri juga sudah memperoleh nilai B. (Advertorial)