Pemkab Kampar dan PT RAPP teken MoU program Desa Bebas Api

id Rapp

Pemkab Kampar dan PT RAPP teken MoU program Desa Bebas Api

Proses penandatangan Program Desa Bebaa Api oleh Pemkab Kampar, Forkompinda dan PT RAPP. (ANTARA/dok)

Kampar (ANTARA) - Pj. Bupati Kampar Muhammad Firdaus melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama Program Desa Bebas Api 2023 antara PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) bersama 3 desa di Kabupaten Kampar dan Kabupaten Pelalawan diantaranya Desa Kuntu, Desa Lubuk Kembang Bungo dan Desa Air Hitam, Pelalawan.(23/6)

Turut hadir pada acara MoU Program Desa Bebas Api bersama PT. RAPP Wakil Bupati Pelalawan Nasarudin SH.MH beserta Jajaran dan Forkopimda Pelalawan, Direktur PT RAPP Mulia Nauli, Dandim 0313/KPR Letkol Arh Mulyadi, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Kampar Yuricho Efril, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Hendri Dunan, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ahmad Faiz, Kepala Dinas BPBD yang di wakili oleh Kabid Rehablitasi dan Rekonstruksi Yusnizar ST, serta Camat Kampar Kiri Marjanis.

Dalam sambutannya Pj Bupati Kampar menyampaikan ucapan terimakasih atas terlaksananya acara penandatangan MoU Program Desa Bebas Api tahun 2023 yang telah di taja oleh PT. RAPP dengan harapan dengan telah dilaksanakannya kegiatan ini dapat mencegah kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau, khususnya Kabupaten Kampar .

Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus SE. MM memberikan apresiasi kepada PT. RAPP yang telah berperan aktif dalam membantu pemerintah daerah untuk mencegah terjadinya karhutla melalui program desa bebas api.Apalagi program RAPP ini, sangat terbukti ampuh untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melakukan upaya antisipasi pencegahan kebakaran lahan. Untuk itu, dirinya berharap agar program tersebut dapat terus berlanjut untuk menciptakan Kabupaten Kampar bebas karhutla.

Berikutnya Pj. Bupati Kampar menyampaikan, dengan situasi dan kondisi yang sudah menghadapi musim kemarau khususnya mulai bulan Juli hingga Oktober mendatang merupakan bulan yang rawan terjadinya kebakaran lahan. Berpegalaman dari tahun-tahun sebelumnya, di saat musim kemarau selalu terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan. Oleh karena itu beliau berharap kesiapsiagaan dan kesigapan dari seluruh stakeholder agar tidak terjadinya kebakaran lahan dan hutan.

Selanjutnya Direktur PT RAPPMulia Nauli menyampaikan penandatangan kerjasama Program Desa Bebas Api di Kabupaten Kampar merupakan bukti dari komitmen PT RAPP dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan melalui keterlibatan masyarakat dan para pihak untuk mencapai zero fire.

Program Desa Bebas Api ini telah dilaksanakan sejak tahun 2014 dan pada tahun 2023 ini, program Desa bebas api ini kembali dilanjutkan dengan melibatkan 42 desa.dengan wilayah cakupan mencapai 903.863 hektare yang telah berpartisipasi.